Menyingkirkan Hidung Tersumbat Dengan Latihan Pernapasan

Hidung tersumbat entah itu karena flu, sinusitis, kedinginan, alergi atau karena pilek pasti sangat mengganggu. Saat terjadi flu atau alergi, selaput yang melapisi saluran hidung akan meradang dan mengeluarkan lendir untuk membilas rongga hidung dari kotoran dan alergen penyebab iritasi.

Saat hidung tersumbat karena lendir, yang harus di lakukan adalah menjaga agar sinus tetap lembab. Banyak orang berfikir bahwa udara kering dapat mengurangi cairan hidung berlebih. Mengeringkan mukosa hidung justru memiliki efek yang sebaliknya, membuat cairan yang keluar semakin banyak.

Hidung tersumbat atau lebih di kenal dengan pilek adalah salah satu masalah kesehatan hidung yang sering terjadi pada banyak orang. Ada puluhan produk obat untuk menyingkirkan masalah hidung tersumbat, tapi itu mereka bukan pilihan terbaik.

Bagaimana menyingkirkan hidung tersumbat tanpa obat?.

Latihan pernafasan adalah salah satu cara yang memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi. Telah di gunakan oleh ribuan pasien yang mempraktekkan terapi pernafasan medis Buteyko, untuk mengurangi pernafasan lewat mulut akibat hidung tersumbat, dan meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, dengan cara bernafas yang benar selama 24 jam dalam 7 hari. Cobalah latihan pernafasan sebagai cara cepat untuk menyingkirkan hidung tersumbat Anda.

Latihan Pernafasan.

Latihan pernafasan ini di lakukan dengan cara menahan nafas dan menganggukan kepala (ke atas dan ke bawah). Dalam waktu 1 menit, hidung tersumbat Anda akan hilang.Bagaimana hal tersebut dapat bekerja ? Dengan menahan napas Anda dan bernafas sedikit kemudian setelahnya, Anda dapat meningkatkan kadar karbondioksida dalam darah Anda. Hal ini membantu melebarkan otot tubular saluran udara serta pembuluh darah, sehingga meningkatkan suplai darah dan oksigen ke jaringan dan melepaskan kejang pada otot saluran udara.

Setelah hidung tersumbat Anda reda, penting untuk bernafas hanya melalui hidung dan bukan melalui mulut Anda. Jika Anda bernafas melalui mulut Anda (bahkan hanya dengan mulut yang terbuka sebagian) ada beberapa proses biokimia abnormal yang mengubah semua fungsi tubuh Anda seperti Anda akan merasakan kurang darah dan suplai oksigen untuk sel-sel tubuh Anda, dan berkurangnya CO2 dalam arteri dan sel, sistem kekebalan tubuh Anda akan melemah, Anda akan lebih banyak mendapatkan radikal bebas, bahkan otak, saluran pencernaan, hormon dan semua fungsi lainnya akan mengalami perubahan abnormal.

Jika Anda menghitung seberapa lama Anda dapat menahan nafas dalam keadaan hidung tersumbat, Anda akan temukan bahwa hasilnya sangatlah singkat. Tes ini juga disebut “Test Oksigen tubuh” karena mencerminkan kadar oksigen dalam tubuh anda

Ketika hidung Anda tersumbat, nafas Anda akan menjadi berat dan Anda akan memiliki kurang dari 20 detik dalam menjalankan uji kadar oksigen tubuh Anda. Jika Anda memperlambat pola pernafasan Anda (dengan menggunakan pola nafas yang benar dan perubahan gaya hidup), maka hasil test Anda pasti di atas angka 20 detik, hidung Anda akan menjadi lega.

Oleh karena itu untuk menyingkirkan hidung tersumbat secara permanen caranya adalah dengan menyingkirkan nafas berat Anda secara permanen, termasuk pada saat tidur malam, saat stres, setelah makan, dan dalam segala situasi lainnya. Latihan yang baik, jika Anda bernafas hanya melalui hidung selama itu.

Artour Rakhimov, PhD pembuat situs NormalBreathing.com mengatakan “Pernafasan normal Mengalahkan Penyakit Kronis”. Kenapa? Hal ini karena orang yang memiliki masalah kesehatan selalu memiliki pernafasan abnormal dan masalah dengan kadar oksigen yang rendah dalam tubuhnya.

Iklan

Pengaruh Stres Untuk Kulit

Stres adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan stress dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental. Pada dasarnya, stres adalah sebuah bentuk ketegangan, baik fisik maupun mental. Sumber stres disebut dengan stresor dan ketegangan yang di akibatkan karena stres, disebut strain.

Stres telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Stress juga disebut sebagai kompleks abad kedua puluh, yaitu saat sistem pencernaan dipengaruhi sehingga tidak berfungsi secara normal. Para ahli Dermatologis di seluruh dunia juga setuju stress yang benar-benar mempengaruhi kulit kita.

Stres Sangat Mempengaruhi Bagi Kesehatan Kulit

Para Dermatologis berpendapat bahwa stres mengusir vitamin penting dari tubuh kita melalui kulit. Vitamin penting seperti yang dikirim keluar dari tubuh kita ketika stress adalah vitamin C, E, dan B. Penuaan pada kulit terjadi pada tingkat kelenjar sebaceous. Dalam sebagian besar kasus stress menyebabkan jerawat Vulgaris.

Sebenarnya stress tubuh di dasarkan pada reaksi “hadapi atau lari”. Ini alarm kimia merespon, dengan mengendalikan aliran darah yang mengandung partikel energi yang disebut ATP’S, ke daerah vital tubuh, yang harus berjuang dengan stress. Aliran darah, tidak mencapai kulit selama pertarungan. Dengan demikian kulit kekurangan nutrisi dan oksigen. Hasilnya adalah kulit menjadi kurang lentur dan menjadi dehidrasi. Dalam keadaan seperti penuaan diset lebih cepat. Akhir-akhir ini telah ditemukan bahwa stress adalah penyebab utama penuaan dini.

Selama stress hormon dan bahan kimia tetap ditekan dalam aliran darah untuk jangka waktu yang lebih lama dari biasanya. Terus menerus otot kompresi karena hasil stress dalam garis permanen dan keriput.

Orang yang mengalami gejala stress tidak semuanya merasa lemah dan mual, sakit kepala atau bahkan pingsan. Tetapi tubuh merekalah yang menunjukkan tanda-tanda Stres Melalui Penampilan Kulit. Apalagi ditambah dengan kurangnya asupan makanan sehat, kurang tidur, kurang berolahraga dan tidak adanya waktu untuk istirahat.

Semua faktor yang di sebutkan di atas adalah penyebab valid stres. Stres memakan sistem kekebalan tubuh manusia dan sistem pencernaan. Kulit manusia adalah penutup dan bertindak sebagai perisai pertahanan tubuh. Stres meletakkan dampaknya pada sistem pencernaan kita, pertumbuhan sistem hormon. Hal ini juga berdampak pada sistem reproduksi dan organ terbesar kami dari tubuh kita yang kulit.

Efek Stres Pada Kesehatan Kulit :

  • Berbintik-bintik atau warna kulit pucat
  • Kulit akan terlihat tidak rata.
  • Kulit kering
  • Tubuh tidak dapat lagi mendistribusikan cairan dengan benar.
  • Kehilangan kulit bersinar
  • Kulit tidak akan lagi memiliki cahaya tertentu.
  • Gangguan kulit
  • Gatal-gatal, kering, pecah-pecah.
  • Jerawat

Cara Mengatasi Stres :

  • Rajin makan buah-buahan dan sayuran kaya antioksidan
  • Antioksidan melawan radikal bebas berbahaya. Ini akan membantu menormalkan proses oksidasi.
  • Latihan setiap hari
  • Berolahraga dapat membantu meningkatkan produksi neurotransmitter yang dapat meminimalkan oksidasi selular.
  • Gunakan pelembab kulit yang lebih baik
  • Pelembab harus dikemas dengan CynergyTK, Phytessence Wakame dan Nano Lipobelle HEQ10. Hal ini dapat membantu melindungi asam hyaluronic. Nano Lipobelle HEQ10 adalah antioksidan. Ini dapat membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan timbulnya stress.

Metode Langsing Dengan Pikiran

Begitu banyak info tentang kesehatan yang Anda peroleh terkadang bisa bikin bingung. Supaya tidak terjadi salah kaprah, simak metode langsing dengan pikiran berikut :

  1. Kegemukan adalah akibat dari faulty programming di otak. Dengan hipnosis, otak dapat ‘diprogram’ untuk menjalankan pola makan dan gaya hidup sehat otomatis, tanpa harus merasa tersiksa.
  2. Anda tipe yang senang menjauhi kesulitan (misalnya ingin langsing karena takut sakit) atau mendekati kesenangan (karena ingin tampil seksi).
  3. Kenali desain alami tubuh Anda. Jangan terobsesi dengan bentuk badan orang lain.
  4. Berdamailah dengan tubuh Anda. Ketika Anda membenci seluruh atau bagian tubuh tertentu, Anda tidak menghargainya, justru akan membuat ‘kerusakan’ lebih jauh.
  5. Move more. Ada otot sistemik di paha, pinggul dan perut yang jika digerakkan akan meningkatkan metabolisme tubuh. Sadari langkah kaki Anda dan tingkatkan jumlahnya tiap hari. Ingat, olahraga tidak harus terpaku pada busana ataupun tempat fitness
  6. Kenali sinyal fisik tubuh, rasakan dan dengarkan tubuh Anda. Apakah Anda betul-betul lapar (lapar fisik), atau hanya sedang ingin makan saja (lapar emosi)? Atur keinginan Anda untuk makan.
  7. Berdamailah dengan makanan. Makin Anda menjauhi makanan tertentu, Anda akan makin merindukannya. Sadari bahwa tidak ada makan baik atau jahat. Makan dengan ikhlas dalam porsi wajar dan tidak sembunyi-sembunyi.
  8. Makanlah dengan sadar dan nikmati tiap kunyahannya. Makan atau ngemil tanpa sadar, pasti akan menjadi lebih banyak. Makanlah saat lapar dan berhenti sebelum kenyang.
  9. Miliki mentalitas berkelimpahan makanan. Ambil porsi makan secukupnya dan jangan takut untuk tidak kebagian makanan, terutama saat Anda menikmati hidangan prasmanan.
  10. Jangan kaitkan perasaan nyaman atau reward dengan makanan. Koneksi mood and food harus diputuskan, untuk menghindari emotional eating saat Anda sedang gundah atau merasa harus menghadiahi diri sendiri.

Tempat Gym Berpotensi Terjadi Penularan Penyakit

Pergi ke tempat gym dianggap cara paling ampuh untuk mendapatkan kesehatan. Tapi, tak banyak mengetahui bahwa dengan pergi ke tempat gym dapat membuat pengunjungnya menjadi sakit.

Menurut sebuah survei seperti dilansir Daily Mail, dengan mengunjungi tempat gym dapat membuat seseorang terkena pilek, flu, atau bahkan jamuran pada kaki yang disebabkan virus-virus yang terdapat pada alat-alat gym tersebut.

Hasil survei sebanyak 74 persen mengatakan bahwa kebersihan di gym sangat buruk karena jarangnya dilakukan pembersihan pada alat gymnya.

Hampir setengah dari pengunjung mengakui sering menggunakan yang bukan barang miliknya sendiri. Seperti handuk, botol air dan sabun. Para pengunjung tersebut juga mengakui bahwa sering kali menaruh handuk bekas mengelap keringatnya di alat gym yang dipergunakan oleh orang tersebut.

Kepala Profesional Perusahaan dan Kebugaran Kesejahteraan, Sarah Marsh, mengatakan, “Ya itu merupakan hal yang sering kali dilakukan orang sebelum Anda menyeka keringat di alat gym yang dipergunakan. Makanya itu, implikasi kesehatan dan masalah kesehatan yang terdapat pada gym sebenarnya tidak terlalu baik.”

Sarah pun menambahkan bahwa penyebab penyakit menular terjadi setiap hari. Kuman dengan mudah ditularkan dari tangan yang tidak bersih melalui kontak langsung dengan seseorang atau tidak langsung tetap saja dapat terkontaminasi.

Kuman-kuman itu dapat menyebabkan seseorang muntah dan diare atau bahkan dapat terkena infeksi pernapasan.

Beberapa survei pun menambahkan bahwa banyak orang yang pergi ke gym belum membersihkan badannya terlebih dulu. Ada juga yang baru saja bangun tidur, langsung ke tempat gym. Biasanya orang-orang seperti ini jarang menggunakan deodoran dan mengganti kaos kakinya. Bahkan 16 persen mengaku tidak mencuci pakaian olah raga yang ia gunakan.

SUMBER : Liputan6.com

Hati – Hati Jangan Konsumsi Kerang Berlebihan !!!

Anda penggemar masakan seafood, termasuk kerang? Berhati-hatilah karena ternyata kerang tidak hanya enak disantap, namun juga memberikan efek yang buruk terhadap kesehatan penikmatnya karena kandungan zat-zat yang membahayakan di dalam tubuhnya.

Kerang memang sangat menggiurkan untuk disantap terlebih ketika lapar sedang melanda. Kerang begitu populer di kalangan masyarakat negeri ini dan disukai oleh berbagai kalangan.

Meski begitu, menurut para ahli, ternyata kerang memiliki sifat yang statis, tidak seperti ikan. Kerang merupakan hewan yang memperoleh makanannya mirip seperti penyedot debu.

Kerang akan menyantap/menyedot apa saja yang ada didekatnya tanpa adanya filter untuk memilah apakah makanan yang disedotnya itu mengandung zat berbahaya atau tidak.

Makanya, berbagai zat yang ada di dalam tubuh kerang sifatnya campur aduk, termasuk didalamnya logam berat yang sangat berbahaya kalau sampai masuk ke dalam tubuh manusia baik langsung ataupun tidak.

Dan tahukah Anda bahwa sumber kerang untuk dikonsumsi manusia khususnya yang ada di sekitar Jakarta berasal dari Teluk Jakarta. Sebagaimana diketahui, teluk ini merupakan sumber penampungan sampah dan berbagai kotoran manusia, bercampur menjadi satu.

Tak hanya itu, berbagai kotoran binatang dan juga limbah industri banyak yang dibuang ke Teluk Jakarta. Ironisnya, di saat yang bersamaan di teluk ini juga hidup banyak sekali kerang yang kemudian ditangkap untuk dijadikan salah satu sumber makanan manusia, khususnya seafood.

Dan karena sifat hidup kerang yang menyedot apapun yang ada disekelilingnya sebagai bahan makanan utamanya, maka secara otomatis limbah industri termasuk logam berat, kotoran manusia, dan lainnya sangat berpotensi tersedot masuk ke dalam tubuh kerang.

Lalu, apakah zat-zat kimia berat tersebut membahayakan tubuh kerang? Kerang yang banyak menyerap zat-zat tersebut ternyata tak menderita efek apapun. Hal tersebut berbanding terbalik dengan manusia ketika kerang itu disantap.

Akumulasi jumlah logam di dalam tubuh kerang yang kemudian berpindah ke dalam tubuh manusia tentunya sangat membahayakan kesehatan. Selain logam berat, kerang juga berpotensi mengandung racun karena nutrisi untuk hidup hewan ini meliputi fosfat yang berlimpah dan nitrogen yang mana kedua zat tersebut berasal dari limbah rumah tangga.

Racun-Racun yang Terkandung dalam Kerang

Logam berat yang kerap dikandung dalam tubuh kerang ternyata bukan satu-satunya zat yang membahayakan bagi manusia karena ada bahaya lainnya yang mengancam kesehatan, yakni kandungan racun.

Semakin banyak mengonsumsi kerang, maka potensi tubuh Anda terkontaminasi oleh beragam zat berbahaya yang terkandung dalam tubuh kerang semakin besar.

Dan patut diperhatikan juga bahwa racun yang terdapat di dalam kerang tidak mempan sedikitpun dengan proses pemanasan ketika Anda memasaknya. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan jenis-jenis racun yang terkandung dalam tubuh kerang yang lezat dan nikmat itu.


Paralitic shellfish poisoning

Jika seseorang terkena racun ini maka gejala yang akan dirasakan akan terjadi berselang lama kemudian. Sekitar 30-45 menit Anda akan merasakan baal yang terjadi di sekitar bibir, lidah, dan juga gusi. Tak hanya itu, perasaan tidak mengenakkan itu biasanya akan menyebar ke bagian tubuh lainnya seperti ujung kaki dan tangan yang disertai dengan kepala pusing, badan terasa lemah, dan munculnya berbagai gangguan saraf kranial. Berhati-hatilah jika Anda sudah merasakan gejala seperti itu karena kematian akan menjemput dalam waktu 12 jam saja seandainya keracunan tersebut tak segera ditangani.

Neurologic shellfish poisoning

Bisa dikatakan bahwa gejala orang yang terkena racun jenis ini sedikit bertolak belakang dengan racun jenis Paralitic Shellfish Poisoning, terutama dalam hal gejala yang dirasakan dan kecepatan dirasakannya. Orang yang terserang Neurologic Shellfish Poisoning ini akan mengalami gejala seperti mual, muntah, nyeri pada sendi, vertigo, dan juga menggigil seperti orang yang terserang gejala flu.

Amnestic shellfish poisoning

Orang yang mengalami keracunan Amnestic Shellfish Poisoning seperti mual, muntah, pusing, dan terkena hilang ingatan jangka pendek. Selain itu, gejala lainnya meliputi kejang sampai koma yang bisa menyebabkan hilangnya fungsi kognitif.

Diarrheal shellfish poisoning

Keracunan jenis ini banyak terjadi di negara-negara Eropa dan Jepang. Gejala yang ditimbulkannya meliputi keluhan saluran pencernaan yang disertai dengan diare. Racun jenis ini akan menyerang tubuh sampai 2 hari.
Makan kerang memang bisa membuat porsi makan Anda bertambah dalam jumlah yang signifikan. Kenikmatan dan kelezatan masakan kerang banyak diminati oleh banyak kalangan, termasuk Anda tentunya.

Namun dibalik itu semua, waspadalah terhadap kerang yang mengandung zat-zat yang sangat membahayakan bagi tubuh pemakannya apalagi jika Anda mengonsumsi kerang dalam jumlah berlebihan.

Ini Penyebab Rambut Tipis

Penyebab:

  1. Faktor genetis, yakni jenis lapisan kutikula yang lebih sedikit sehingga rambut lebih cepat patah, dan sangat sulit ditata.

  2. Berlebihan saat menyisir rambut dan menyisirnya dalam keadaan basah sehingga selalu rontok dan menipis.

  3. Penggunaan alat styling rambut yang berlebihan, seperti hair dryer, catok, hot roller, dan lainnya.

Solusi:

  1. Bila rambut tipis karena faktor genetis, sebaiknya memilih potongan rambut yang ber-layer untuk memberi volume. Model rambut pendek dapat mengamuflase rambut tipis Anda.

  2. Gunakan produk yang tepat. Tata dengan styling gel dan mousse untuk menciptakan volume dan membuat tataan rapi sepanjang hari. Saat keramas, lanjutkan dengan menggunakan volumizing conditioner yang berkhasiat membuat rambut lebih mengembang.