Cara Makan Buah Yang Benar Akan Memberi Manfaat Maksimal Untuk Tubuh

1520734_693402597365137_3439596398179087415_n

Tahukah gak cara makan buah yang benar akan memberi manfaat maksimal untuk tubuh, Berikut beberapa tipsnya :

  1. Makan buah dalam keadaan perut kosong. Ini akan membuat penyerapan buah oleh tubuh menjadi maksimal.
  2. Setelah makan buah, beri tenggang waktu 30 menit sebelum Anda makan makanan lainnya.
  3. Jika Anda ingin makan buah setelah makan, maka sebaiknya tunggu sekitar 3 jam sebelum makan buah. Ini untuk memastikan bahwa makanan yang sebelumnya sudah dicerna dengan baik oleh tubuh sebelum buah masuk ke dalam tubuh.
  4. Cobalah makan buah di pagi hari. Hal ini membantu untuk meningkatkan gula darah secara perlahan dan tidak tergesa-gesa. Karena sistem pencernaan telah diam sepanjang malam, makan buah adalah cara restart yang lembut di pagi hari.
  5. Jangan makan buah bersamaan dengan makanan lain
  6. Makan buah sebagai pencuci mulut tidak memberi hasil terbaik untuk tubuh
  7. Makanlah buah organik untuk menghindarkan efek pestisida yang tersisa
  8. Hindari buah kaleng, buah beku atau buah yang sudah diproses. Buah-buah yang sudah diolah biasanya mengandung banyak gula, pengawet atau bahan kimia tambahan lainnya yang tidak diinginkan.

Memilih Bumbu Masak Yang Sehat dan Aman

bumbu

Bisa jadi Anda berpikir, hidup ini makin ribet. Tapi jujur saja, hidup semakin modern dengan segala sesuatu yang instan, ternyata juga mengubah persepsi tentang kesehatan. Sekarang siapa yang tidak was-was melihat anak-anak menikmati makanan, tapi dengan bumbu yagn serba instan? Atau jangan-jangan malah Anda sendiri suka makanan yang serba instan itu?

Seharusnya, sebagai orang Indonesia kita harus bersyukur karena banyak rempah-rempah dan bumbu-bumbuan yang melimpah. Meski dengan kemasan tradisional, ternyata banyak yang memberikan manfaat dan asupan gizi yang baik untuk tubuh. Yah, dibanding dengan racikan yang sudah bercampur dengan bahan-bahan kimia pabrik. Padahal bilamana kita tetap setia menggunakan rempah-rempah tradisional untuk bumbu masakan, maka sangat besar khasiat dan manfaat yang dapat dipetik bagi kesehatan tubuh seluruh anggota keluarga.

Oke, daripada meraba-raba bumbu apa yang masuk kategori sehat tadi, mari kita lihat apa saja yang bisa dan ada di sekitar kita. Pertama, lidah buaya. Mungkin sampai dibuang-buang, karena ketika tumbuh punya duri dan kelihatan liar. Tapi tahukah Anda, lidah buaya ternyata dapat dimasukkan sebagai tanaman obat favorit pereda gangguan pencernaan. Sari atau olahan tanaman ini sering dijadikan campuran minuman saat berbuka karena sifatnya yang dingin, menyegarkan, dan mengandung vitamin A, B1, B2, B12, C, E.

Beberapa penelitian menyebutkan, unsur utama lidah buaya yang diburu sebagai komoditas bisnis bernilai ekonomis tinggi adalah aloin, emodin, resin, gum, minyak atsiri. Kumpulan enzim antara lain amilase, catalase, cellulase, carbexypeptidase, carpoxyhelclase, bradyknase, sebagai penyeimbang kerja zat gizi pada sistem pencernaan.

Anda punya tukak lambung? Coba bikin makanan atau minuman, dengan ramuan berbahan dasar kunyit. Tanaman obat yang juga dikenal sebagai salah satu bumbu masak ini telah banyak diteliti. Salah satunya oleh tim peneliti dari Pusat Penelitian Obat Tradisional Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Mereka membuktikan secara uji klinis bahwa rimpang kunyit mampu menurunkan jumlah tukak lambung dan menyembuhkan beragam gangguan pencernaan tanpa efek samping. Padahal kunyit mudah ditanam dan sering kita abaikan karena merusak pemandangan halaman.

Kemudian ada merica. Merica. Berkhasiat untuk menghangatkan badan, peluruh keringat, mempermudah buang gas, penyegar tubuh, antiseptik pada saluran pencernaan, antibakteri, aprodisiak (obat perangsang), mencegah rematik sendi dan mengurangi resiko osteoporosis (pengeroposan tulang).

Bawang Putih. Selain bisa ditambahkan ke hampir semua jenis hidangan sebagai bumbu penyedap, manfaat bawang putih bagi kesehatan juga teramat penting. Bumbu dapur yang satu ini memiliki khasiat sebagai antibiotik, antiseptik, pembersih dan penawar racun, pembunuh parasit, memperlancar peredaran darah, merangsang kekebalan tubuh, menurunkan level kolesterol tinggi, hipertensi, kencing manis, mencegah dan mengobati kanker maupun aneka penyakit radang, asma, disentri, maupun wasir.

Nah, daripada beli yang instan tapi Anda terkena penyakit, mending memilih bumbu sendiri tapi untuk jangka panjang, bagus untuk kesehatan.

Tips Mengatasi Kembung Pada Anak

1901354_685350624837001_662702342_n

  1. Minta anak duduk, atau baringkan dia dalam posisi telungkup. Usap-usap atau tepuklah punggungnya agar mudah bersendawa, tanda gas yang ada di lambungnya keluar.
  2. Beri pijatan pada tubuhnya, terutama di daerah perut, punggung, dan dada. Beberapa tepukan di bagian punggung juga sangat bermanfaat.
  3. Balurkan penghangat di daerah perut, dada, dan punggung. Lakukan pijatan lembut.
  4. Beri minuman hangat. Selain menghangatkan perut, minuman itu juga dapat memancing anak untuk sendawa atau kentut.
  5. Minta anak makan secara perlahan. Makan terburu-buru akan memperbanyak jumlah gas yang tertelan bersama makanan.
  6. Batasi minum melalui sedotan, atau dari botol yang mulutnya kecil.
  7. Atur makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jangan makan terlalu banyak karena akan memicu kembung.
  8. Hindari makanan bergas seperti es susu, makanan pedas, es krim, soft drink, kacang-kacangan seperti kacang polong, buncis, dan lain-lain. Hindari juga memberikan aneka produk susu bagi anak yang mengalami intoleransi laktosa. Makanan lain yang perlu dipantang ialah makanan berserat, makanan berlemak, dan gorengan.
  9. Selesai makan, minta anak untuk tidak banyak bergerak atau berbaring karena akan memperparah kondisi perut kembung.
  10. Jika diperlukan, beri obat antikembung untuk membantu anak bersendawa atau kentut. Konsultasikan dulu dengan dokter si kecil.
  11. Bawa ke dokter jika kembung disertai dengan kesulitan buang air besar, tidak bisa buang angin, mual, muntah, dan demam.

Ada Manfaatnya Gak Ya Hobi Memancing Itu ?

1544617_686387471399983_2973519834420902515_n

Hobi memancing menjadi salah satu alasan setiap pemancing untuk menguji kesabaran menunggu mendapatkan ikan. Memancing menjadi olahraga favorit yang saat ini banyak digemari di Indonesia, sehingga saat ini banyak kelompok pemancing yang dapat ditemukan di beberapa daerah.

Namun, tahukah Anda bahwa hobi memancing ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut beberapa manfaat hobi memancing untuk kesehatan yang harus Anda ketahui, yaitu :

Hobi memancing dapat mengurangi tingkat stres yang Anda alami. Bagi Anda yang senang memancing, tentunya akan memiliki pengalaman menarik dan mengesankan, sehingga saat memancing semua permasalahan dapat terlupakan. Selain itu, dengan memancing akan mengurangi rasa penat dan bosan dari aktivitas sehari-hari.

Memancing tentunya akan menggunakan dan menggerakan aktivitas fisik Anda. Seperti gerakan melempar joran, menarik reel, menarik ikan, dan aktivitas fisik lainnya sehingga otot-otot inti tubuh dapat bergerak dan terjaga dengan baik.

Orang-orang yang senang bergelut dengan hobi memancing dapat memberikan terapi kesabaran. Seperti, menanti duduk lama dengan tenang menanti ikan menyambar umpan dan menariknya.

Memancing merupakan sebuah olahraga yang cukup ekstrem jika Anda melakukannya di pulau-pulau menggunakan kapal atau sampan. Namun, ingat lakukan olahraga ini dengan orang-orang yang telah berpengalaman.

Nah, bukan hanya mendapatkan ikan, ternyata hobi memancing juga bermanfaat untuk kesehatan. Dengan mengikuti beberapa teknik memancing dengan baik, tentunya Anda akan merasakan manfaat lain saat melakukan olahraga memancing. Selamat memancing.