Buah yang Aman Dimakan Tiap Hari

Jika setiap hari Anda harus makan 10 porsi buah, berbeda jenis dan warna, lantas bagaimana memilihnya? Apalagi jika Anda menderita penyakit tertentu seperti diabetes atau masalah lambung (sakit maag). Tak semua buah aman dikonsumsi setiap hari bukan?

Karena kita tinggal di negara penghasil beragam varietas buah, sebenarnya tak akan sulit memilihnya. Soal harga, pasti tak semahal bluberi, misalnya. Pilihan buah yang aman dikonsumsi setiap orang, apapun penyakitnya, juga tak sulit menemukannya. Harganya pun murah.

Ahli gizi klinis, dr Samuel Oetoro, SpGK, menyebutkan bahwa 10 porsi buah yang aman dikonsumsi setiap hari adalah apel, pir, jeruk, jambu, anggur, semangka, melon, pepaya, markisa, dan tomat.

941809_546479802057418_1706733756_n

“Wortel, pisang raja juga aman dikonsumsi. Belimbing sesekali boleh, tetapi kurangi untuk penderita penyakit ginjal,” papar dr Samuel kepada Kompas Female, usai peringatan Hari Buah Sedunia di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (1/7/2010) lalu.

Dr Samuel menjelaskan, beberapa buah memang tak baik dikonsumsi penderita penyakit tertentu. Nangka, durian, pisang, dan nanas yang mengandung glukosa tinggi, perlu dihindari para penderita diabetes. Penderita sakit maag sebaiknya tidak mengonsumsi pisang ambon, namun aman untuk jenis pisang lainnya, seperti pisang raja. Bahkan ada buah yang tidak sehat, kata dr Samuel, menyebut durian matang yang mengandung kadar alkohol tinggi.

Lalu bagaimana takarannya? Dr Samuel menjelaskan, buah seperti apel atau markisa satu porsi berarti dimakan utuh. Sedangkan satu porsi anggur takarannya lima butir buah anggur. Sedangkan pepaya dan semangka, satu porsinya sama dengan satu potongan irisan bukan satu buahnya.

Tak sulit bukan menjadikan buah sebagai bagian pola makan setiap harinya?

Menu Makanan Sehat Untuk Maag

Menu makanan sehat penderita penyakit maag yg pasti adalah makanan yg mempunyai tekstur lembut dan tidak mempunyai rasa yang tajam sehingga tdk merangsang produksi asam lambung. Untuk porsinya tdk perlu terlalu besar, cukup porsi kecil namun sering diberikan dlm selang waktu tiap 3 jam sekali. Makanan juga harus memenuhi kecukupan nilai kadar gizi bagi tubuh, baik protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan juga air.

431934_545876882117710_1827185537_n

Menu makanan yg memiliki kandungan gas berlebih seperti, kubis, kembang kol, nangka, durian, kopi, minuman bersoda dan juga makanan atau minuman beralkohol harus dihindari. Makanan sebaiknya tdk memakai bahan ataupun bumbu yg tajam seperti asam jawa, belimbing wuluh, asam kandis, asam gelugur, jeruk nipis, cabai, cuka dan lada.sehingga bisa merangsang produksi asam lambung.

Makanan yg sebaiknya dihindari juga oleh pennderita penyakit maag adalah makanan yg susah dicerna seperti makanan yg berbahan beras ketan, singkong, jali, ubi, butter cream, kue tart dll. Begitu juga dgn makanan yg berserat tajam seperti kedondong dan nenas juga harus dihindari bagi penderita penyakit maag ini.

Untuk proses memasak menu makanan sehat yg disarankan bagi penderita penyakit maag adalah dgn direbus dan dikukus. Tujuan utamanya adalah supaya bisa menghasilkan makanan yg bertekstur lembut/lunak. Makanan yg dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang, selain makanan menjadi kering, liat dan keras maka minyak yg masih tersisa pada makanan juga dapat merangsang rasa mual pada penderita penyakit maag.

Hal utama yg perlu diperhatikan supaya terhindar dari gangguan pencernaan atau penyakit maag adalah dgn menjaga pola hidup yg teratur, istirahat cukup dan terutama pola makan yg sehat. Jadi menu makanan sehat dan cukup gizi adalah hal utama harus diperhatikan dalam menjalani pola hidup sehat untuk penderita penyakit penyakit maag.