Stres Dalam Bekerja


10309178_699305616774835_8926010321928254239_nUntuk bertahan hidup atau menghidupi keluarganya, orang perlu bekerja. Bukan hanya demi memenuhi kebutuhan, bekerja membawa kepuasan dalam hidup manusia. Apalagi jika orang itu dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan memperoleh imbalan yang layak.

Namun, jika Anda telah memasuki dunia kerja, Anda tentu mengetahui bahwa pekerjaan dan lingkungannya juga menghadirkan tekanan hidup tersendiri bagi para pekerja. Tidak sedikit pekerja merasa stres, bahkan sering. Anda mungkin juga demikian.

Apa saja sumber stres dalam bekerja? Ada tak terhitung banyaknya kemungkinan. Berikut beberapa di antaranya.

Komunikasi yang buruk antara pimpinan dan bawahan merupakan salah satu sumber stres dalam bekerja. Komunikasi yang buruk ini bentuknya yang terutama adalah ketika bawahan kurang atau bahkan tidak dimintai pendapat berkenaan keputusan penting yang akan diambil, yang akan mempengaruhi mereka. Sumber stres lain adalah konflik dengan rekan-rekan kerja, ikatan kerja yang tidak pasti, dan upah atau gaji yang tidak memadai.

Apa akibatnya jika seseorang mengalami stres dalam bekerja? Tentunya ia akan pulang ke rumah dalam kondisi sangat lelah sehingga kurang sanggup memenuhi keluarganya di rumah. Hal ini diperburuk bila kebutuhan keluarganya lebih besar. Misalnya, jika selain merawat anggota keluarga inti, juga merawat lansia atau anggota keluarga yang sakit. Belum lagi bila ada kesulitan dalam mencari nafkah karena kejadian tak terduga. Misalnya, seorang ibu yang harus mencari nafkah sendiri karena suaminya tidak dapat bekerja karena sakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s