Udang Rebon Bagus Untuk Balita


udang rebon

Udang kecil berwarna agak kecokelatan jenis ini disebut rebon. Sedangkan di mancanegara, lebih dikenal dengan nama terasi shirmp, karena udang asli Indonesia ini jarang sekali dikonsumsi segar. Tapi lebih sering dinikmati dalam bentuk olahan seperti abon,kerupuk udang maupun terasi.Memang kiprah udang rebon di masyarakat sering dikatagorikan sebagai udangnya kaum marginal. Namun dibalik bentuknya yang mungil itu tersimpan manfaat luar biasa bagi balita.

Dalam 100 gram udang rebon segar itu mengandung protein sekitar 16,2 gram.Kadungan ini hampir sama dengan kandungan protein pada udang segar. Karena itu anak-anakyang sedang dalam masa pertumbuhan disarankan banyak mengkonsumsi udang rebon.Bahkan udang rebon efektif dalam memperbaiki gizi bagi anak malnutrisi (kurang gizi).Rebon sangat baik bagi anak dibawah umur satu tahun. Satu sendok makan rebon dapat memenuhi kebutuhan proteinnya. Secara umum, kebutuhan kalori pada balita itu sekitar 400 hingga 600 kalori, dan untuk protein biasanya 15 sampai 25 gram. Pada anak-anak, protein sangat berperan dalam perkembangan sel otak.

Sedangkan pada orang dewasa, bila tejadi luka atau memar, protein dapat membangun kembali sel-sel yang rusak. Protein juga bisa menjadi bahan untuk energi bila keperluan tubuh akan karbohidrat dan lemak tidak terpenuhi. Protein pada udang rebon termasuk protein lengkap karena memiliki semua asam amino esensial. Keunggulan lain dari udang adalah kalsiumnya yang tinggi. 100 gram udang rebon segar mengandung 757 mg kalsium, sedangkan dalam 100 gram udang rebon yang sudah dikeringkan sebanyak 2.306 mg. Dengan demikian, mengkonsumsi udang rebon sangat baik dalam mencegah osteoporosis. Disamping itu juga, udang rebon mempunyai kandungan fosforyang cukup tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s