6 Manfaat Berpuasa Bagi Tubuh

1. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan diet, maka ganti diet Anda dengan puasa, karena dengan berpuasa jadwal makan dan minum akan teratur dengan baik, juga tidak berlebihan dan tidak juga menyiksa tubuh Anda. Tetapi Anda juga harus berhati-hati, proses penurunan berat badan saat berpuasa sulit terjadi jika saat berbuka, Anda lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan kalori dibandingkan sayuran dan buah.

2. Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Kosongnya lambung saat Anda berpuasa membantu detoksifikasi (pembuangan racun didalam tubuh) dan kemudian prosesnya dioptimalisasi pada saat berbuka puasa. Penyerapan nutrisi didalam tubuh juga lebih efektif, nutrisi yang didalam makanan terserap sempurna sehingga meminimalisir penumpukan makanan yang membusuk ditubuh.

3. Menghilangkan /Meredakan Nyeri Pada Persendian

Siapa sangka, puasa juga bisa menjadi obat untuk meredakan penyakit yang satu ini. bagi orang yang menderita arthritis atau radang sendi. Sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel netrofil dalam membasmi bakteri. Netrofil, atau sel penetral merupakan unsur yang mampu menetralkan racun maupun bakteri penyebab radang sendi.

4. Mengurangi Konsumsi Cairan yang Berlebihan

Pengurangan konsumsi air selama puasa, bisa membantu mengatasi akumulasi cairan yang berlebihan pada tubuh. Proses “pengeringan” ini akan mengatasi pembengkakan pada perut, kaki dan lutut yang sering dialami saat seseorang mengalami menstruasi.

5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Tak perlu berobat secara medis untuk mengatasi tekanan darah tinggi Saat berpuasa, otomatis kita akan lebih sedikit mengonsumsi makanan terutama yang mengandung lemak, gula dan kolesterol tinggi. Hal ini yang kemudian berdampak pada penurunan kolesterol dan gula darah. Jika disertai dengan diet makanan sehat saat sahur dan buka puasa, manfaatnya akan didapatkan dengan lebih optimal.

6. Puasa Sebagai Waktu Istirahat

Dengan berpuasa maka Anda secara tidak langsung telah memberikan waktu bagi tubuh dan sestem pencernaan untuk beristirahat. dengan begitu beberapa organ pencernaan dalam tubuh seperti kerongkongan, usus, lambung bisa bekerja lebih baik saat Anda mulai mengkonsumsi makanan lagi ketika berbuka puasa.

Iklan

Agar Tidak Terlambat Sahur

Dalam bulan puasa, ada kalanya seseorang terlambat bangun untuk sahur. Kalau sudah begini, puasa bisa jadi lebih lemas dari biasanya.

Meski Anda tahan untuk tidak makan seharian, namun hal ini juga bisa membahayakan kesehatan, karena tubuh tidak mendapat asupan energi dalam jangka waktu lama setelah tidur. Selain itu juga meningkatkan resiko bagi yang punya penyakit maag.

Namun jangan khawatir, Vemale akan memberikan beberapa tips mudah. Nah, dengan mencoba beberapa tips ini, semoga Anda tak lagi kesulitan bangun saat sahur.

Jangan Terlalu Lelah

Tidurlah pada saatnya. Jangan terlalu ngantuk atau lelah saat tidur. Atur waktu sosialisasi, waktu kerja, ibadah dan tidur Anda. Tidur dalam kondisi yang terlalu lelah akan membuat Anda sulit bangun setelah terlelap.

Selalu Pasang Alarm

Meski ini adalah senjata klasik, namun sangat ampuh untuk membangunkan Anda. Selain alarm statis, Anda juga bisa menggunakan ‘alarm hidup’. Misalnya minta dibangunkan orang rumah atau ditelepon pacar maupun orang tua (bagi yang tinggal sendiri).

Bila Memungkinkan, Jangan Kunci Kamar

Jangan kunci kamar Anda bila Anda tinggal dengan orang tua atau teman yang sama-sama menjalankan ibadah puasa. Ketika waktu sahur tiba, akan lebih mudah akses mereka untuk membangunkan Anda.

Siapkan Makanan Darurat

Tidak semua orang sempat masak, apalagi mereka yang tinggal sendiri. Siapkan makanan darurat seperti kurma, pisang, roti dan minuman penting seperti air putih atau susu. Bila perlu, sediakan madu untuk tambahan energi ekstra.

Sempatkan Sholat Malam

Ini adalah salah satu cara yang bisa memberikan manfaat berlipat-lipat. Bila Anda bangun sebelum alarm membangunkan Anda, segera ambil wudhu dan lakukan sholat malam.

Air wudhu bisa membantu menyegarkan Anda dari kantuk yang masih menggantung di mata. Sementara sholat malam memberi nilai spiritual dan ibadah yang berlipat sembari menunggu waktu sahur.

Berbuka Secukupnya

Selain manajemen waktu beraktivitas, Anda juga perlu menjaga pola makan saat berbuka. Makanan berbuka yang terlalu berat dan banyak dikonsumsi, mudah membuat kita mengantuk dan pencernaan menjadi berat.

Konsumsilah porsi yang cukup dan tidak sampai kekenyangan. Selain bikin tidak mudah ngantuk, tubuh juga jadi lebih sehat.

Awal dan Akhir

Hati-hatilah di minggu awal dan akhir puasa. Karena pada waktu itu kita mulai rawan terlambat bangun. Lakukan beberapa tips di atas untuk mengatasi hal ini.

Bulan puasa adalah bulan ibadah. Agar maksimal, lakukan segala aktivitas Ramadan Anda dengan khusyu’ dan fokus. Selamat berpuasa

Tips Berbuka Puasa : Berbukalah dengan yang Manis

Tahukah Anda, alasan kenapa kita sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan manis terlebih dulu saat berbuka? Karena selama berpuasa, tubuh kehilangan banyak energi dan kurang nutrisi. Gula, atau makanan/minuman yang mengandung gula bisa memberi asupan energi dengan cepat, sehingga tubuh pun cepat kembali segar.

Tapi perhatikan juga konsumsinya, jangan sampai berlebihan dan usahakan gula yang Anda konsumsi alami, yang berasal dari buah-buahan. Idealnya, Anda disarankan makan tiga butir kurma dan air putih, atau satu cangkir teh manis. Anda pun bisa berbuka dengan buah-buahan seperti melon dan semangka.

Tips Sahur

Menu makanan yang berminyak itu terutama ada goreng-gorengan, seperti kerupuk, telur ceplok, tahu atau tempe goreng, dendeng, rendang serta menu makanan lain yang berminyak dapat menyebabkan tenggorokan kering selama berpuasa.