7 Manfaat dari Lidah Mertua [Sansevieria]


Sansevieria Sansevieria alias Si Lidah Mertua punya banyak kelebihan, seperti mampu bertahan hidup pada rentang waktu suhu dan cahaya yang sangat luas, sangat resisten terhadap polutan, dan mampu menyerap 107 jenis polutan di daerah padat lalu lintas dan ruangan yang penuh asap rokok.

  1. Di dalam ruangan, sansevieria bisa menangani sick building syndrome, yaitu keadaan ruangan yang tidak sehat akibat tingginya konsentrasi gas korbondioksida, nikotin dari rokok, dan penggunaan AC. Satu tanaman sansevieria trifasciata lorentii dewasa berdaun 4/5 helai dapat menyegarkan kembali udara dalam ruangan seluas 20 m persegi.

  2. Jika ditempatkan di dalam kulkas dapat menghilangkan aroma tidak sedap. Dalam lingkungan industri potongan daun ini disebarkan di ruang-ruang produksi industri untuk mereduksi senyawa beracun yang terhirup oleh pekerja.

  3. Dapat mereduksi radiasi gelombang elektromaknetik yang ditimbulkan oleh komputer dan televisi. Maka baik jika tanaman ini ditaruh di samping komputer atau televisi.

  4. Getahnya dapat digunakan sebagai obat antiseptik

  5. Akarnya dapat dimanfaatkan sebagai penyegar rambut/tonik dan obat wasir

  6. Daunnya bila dibakar dapat menyembuhkan sakit kepala,

  7. Juga bisa untuk merangsang pertumbuhan rambut

  8. Mencegah diabetes [bila di rebus]

Sebaiknya daerah industri dan berpolutan tinggi mulai menanam tanaman ini.

Yuuuk kita mulai go green dari hal yang terkecil , dari rumah kita sendiri , nantinya  hal kecil dan sederhana itu akan berguna secara luas bagi BUMI.

50 thoughts on “7 Manfaat dari Lidah Mertua [Sansevieria]

  1. kak, kan katanya: Daunnya bila dibakar dapat menyembuhkan sakit kepala, juga bisa untuk merangsang pertumbuhan rambut, jadi itu abis dibakar, dimakan gitu?😀
    terus, kak minta tolong jelasin teorinya gimana sansevieria bisa mengurangi radiasi brang elektronik di sekitar, apa dia mengandung sesuatu?
    makasih ya, tolong dijawab scepatnya ya kak, soalnya mau buat tugas skolah🙂

    • aduh,. maaf nih buat @dionadyacloudself telat jawabnya. Pasti tugasnya uda selesai yah. ?
      jadi daunnya setelah dibakar kemudian dihirup ajah.

      Menurut info sih. Sansevieria itu mengandung zat aktif pregnane glikosid, karena Sansevieria memiliki bahan aktif itu, yang berfungsi untuk mereduksi polutan menjadi asam organik, gula dan asam amino, dengan demikian unsur polutan tersebut menjadi tidak berbahaya lagi bagi manusia.

      Lidah mertua menggunakan stomata sebagai vacuum cleanernya untuk menyedot polutan atau gas beracun dan akan memasuki sistem metabolisme dalam tubuh tanaman.

      Polutan yang telah diserap kemudian dikirim ke akar, pada bagian akar, mikroba melakukan proses detoksifikasi. Melalui proses ini, mikroba akan menghasilkan suatu zat yang diperlukan oleh tanaman. Dalam proses pernapasan tersebut dihasilkan gas yang bermanfaat bagi manusia yaitu berupa oksigen. Proses ini berlangsung terus menerus selama tanaman masih hidup.

      makasih yah udah mau baca🙂

  2. maaf, mau nanya. tanaman lidah mertua ini telah saya pelihara di kamar dari beberapa bulan lalu, apakah akan tetap baik untuk kesehatan bila di malam hari tanaman ini tidak keluarkan? katanya pada malam hari tumbuhan dan manusia rebutan oksigen. Makasih.

    • Tanaman ini menghasilkan oksigen di malam hari meski tidak terkena sinar matahari di siang hari.

      Lidah mertua cukup unik karena mampu mengkonversi karbondioksida menjadi oksigen di malam hari

      Tanaman ini cukup dikeluarkan seminggu sekali aja agar terkena sinar matahari

  3. mohon info, tentang reduksi radiasi gelombang elektromaknetik yang ditimbulkan oleh komputer dan televisi bagaimana detail prosesnya. tks

  4. Mau tanya ,,
    1 .Untuk pencegahan diabetes , berapa lembar yang perlu direbus dan berapa lama merebusnya .

    2. Untuk merangsang pertumbuhan rambut , bagaimana cara memakainya ?

    • Cara penggunaaanya, beberapa lembar daun dipotong-potong dan direbus dengan tiga gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Sisa air ini kemudian diminum kepada penderita.

      untuk merangsang pertumbuhan rambut saya masih belum tahu juga, nanti kalo ada info tentang merangsang pertumbuhan rambut di Malaysia akan saya share disini..

  5. mengapa sansevieria ini bisa menangani sick building syndrome? kandungan apa saja yg terdapat pada tanaman ini? lalu bagaimana proses terjadinya penanganan sick building syndrome ini? terimakasih🙂

    • sansevieria bisa menangani sick building syndrome, yaitu keadaan ruangan yang tidak sehat akibat tingginya konsentrasi gas korbondioksida, nikotin dari rokok, dan penggunaan AC. nah Sansevieria ini bisa menghisap racun itu.

      Proses bagaimana tanaman ini bisa menyerap racun/polutan di udara adalah melalui proses penangkapan dan pemecahan alias metabolic breakdown.
      Tanaman menangkap polutan berupa senyawa organik melalui stomata bersamaan proses respirasi, transpirasi dan fotosintesis.

    • ada nih,
      Sansevieria memiliki julukan lain, yaitu bowstringhemp.
      Bowstringhemp adalah sebuah istilah untuk serat yang berfungsi untuk mengikat, semacam tali’.
      Nah, Keunggulan inilah yang kemudian membuat lidah mertua dipakai sebagai bahan untuk membuat pakaian
      Di beberapa negara berkembang, seperti CINA tanaman ini dibudidaya sebagai bahan tekstil juga.
      Tapi tidak semua jenis tanaman ini di budidaya sebagai bahan tekstil lho…

    • memang sih untuk masalah rambut ada yang bilang seperti itu ..
      caranya begini: tumbuk daunnya & tambahkan sedikit air lalu usapkan pada rambut,.dan lakukan ini secara rutin untuk memperoleh hasil yang memuaskan…

      untuk secara penelitian belum pernah baca..🙂

    • untuk Lidah Mertua atau Sansevieria ini tidak memerlukan perawatan yang rumit dan cukup tahan banting maz..Bahkan tak disiram beberapa hari pun tetap bertahan hidup.

      kalo di dalam ruangan ,cukup dikeluarkan seminggu sekali aja agar terkena matahari. karena kalau tidak terkena sinar matahari warna daunnya akan berubah memudar.

      untuk Penyiraman 1-2 kali seminggu aja. kalo terlalu sering menyiram , tanaman ini bisa di hinggapi bakteri. kalo berencana menanam, pilih media tanamnya juga mas.

      terima kasih telah membaca artikel ini😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s