Memilih Bumbu Masak Yang Sehat dan Aman


bumbu

Bisa jadi Anda berpikir, hidup ini makin ribet. Tapi jujur saja, hidup semakin modern dengan segala sesuatu yang instan, ternyata juga mengubah persepsi tentang kesehatan. Sekarang siapa yang tidak was-was melihat anak-anak menikmati makanan, tapi dengan bumbu yagn serba instan? Atau jangan-jangan malah Anda sendiri suka makanan yang serba instan itu?

Seharusnya, sebagai orang Indonesia kita harus bersyukur karena banyak rempah-rempah dan bumbu-bumbuan yang melimpah. Meski dengan kemasan tradisional, ternyata banyak yang memberikan manfaat dan asupan gizi yang baik untuk tubuh. Yah, dibanding dengan racikan yang sudah bercampur dengan bahan-bahan kimia pabrik. Padahal bilamana kita tetap setia menggunakan rempah-rempah tradisional untuk bumbu masakan, maka sangat besar khasiat dan manfaat yang dapat dipetik bagi kesehatan tubuh seluruh anggota keluarga.

Oke, daripada meraba-raba bumbu apa yang masuk kategori sehat tadi, mari kita lihat apa saja yang bisa dan ada di sekitar kita. Pertama, lidah buaya. Mungkin sampai dibuang-buang, karena ketika tumbuh punya duri dan kelihatan liar. Tapi tahukah Anda, lidah buaya ternyata dapat dimasukkan sebagai tanaman obat favorit pereda gangguan pencernaan. Sari atau olahan tanaman ini sering dijadikan campuran minuman saat berbuka karena sifatnya yang dingin, menyegarkan, dan mengandung vitamin A, B1, B2, B12, C, E.

Beberapa penelitian menyebutkan, unsur utama lidah buaya yang diburu sebagai komoditas bisnis bernilai ekonomis tinggi adalah aloin, emodin, resin, gum, minyak atsiri. Kumpulan enzim antara lain amilase, catalase, cellulase, carbexypeptidase, carpoxyhelclase, bradyknase, sebagai penyeimbang kerja zat gizi pada sistem pencernaan.

Anda punya tukak lambung? Coba bikin makanan atau minuman, dengan ramuan berbahan dasar kunyit. Tanaman obat yang juga dikenal sebagai salah satu bumbu masak ini telah banyak diteliti. Salah satunya oleh tim peneliti dari Pusat Penelitian Obat Tradisional Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Mereka membuktikan secara uji klinis bahwa rimpang kunyit mampu menurunkan jumlah tukak lambung dan menyembuhkan beragam gangguan pencernaan tanpa efek samping. Padahal kunyit mudah ditanam dan sering kita abaikan karena merusak pemandangan halaman.

Kemudian ada merica. Merica. Berkhasiat untuk menghangatkan badan, peluruh keringat, mempermudah buang gas, penyegar tubuh, antiseptik pada saluran pencernaan, antibakteri, aprodisiak (obat perangsang), mencegah rematik sendi dan mengurangi resiko osteoporosis (pengeroposan tulang).

Bawang Putih. Selain bisa ditambahkan ke hampir semua jenis hidangan sebagai bumbu penyedap, manfaat bawang putih bagi kesehatan juga teramat penting. Bumbu dapur yang satu ini memiliki khasiat sebagai antibiotik, antiseptik, pembersih dan penawar racun, pembunuh parasit, memperlancar peredaran darah, merangsang kekebalan tubuh, menurunkan level kolesterol tinggi, hipertensi, kencing manis, mencegah dan mengobati kanker maupun aneka penyakit radang, asma, disentri, maupun wasir.

Nah, daripada beli yang instan tapi Anda terkena penyakit, mending memilih bumbu sendiri tapi untuk jangka panjang, bagus untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s