Secangkir Kopi untuk Umur Panjang


Kabar gembira buat pencinta kopi. Dengan minum secangkir kopi tiap hari ternyata banyak manfaat yang bisa diraih. Selain pembuluh darah jadi lebih terpelihara juga bisa membuat tubuh lebih segar. Kopi juga bisa membuat orang berusia panjang. Ini dia rahasianya!

kopi

Sebuah investigasi unik dilakukan untuk mengetahui hal-hal yang bisa membantu orang mencapai usia 100 tahun meski mereka memiliki tekanan darah tinggi. Jawaban yang terungkap adalah meminum secangkir kopi setiap hari.

Berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dilansir Times of India, secangkir kopi setiap hari akan dapat membantu elastisitas pembuluh darah. Hal ini dapat mencegah resiko penyakit jantung. Orang yang minum satu atau dua cangkir setiap hari memiliki tingkat elastisitas arteri yang lebih baik ketimbang yang hanya minum kopi sedikit atau tidak sama sekali.

Subjek penelitian adalah orang berusia 65 hingga 100 tahun di pulau Ikaria di Yunani. Pulau itu terkenal dengan julukan pulau “umur panjang”. Sepertiga penduduknya mencapai usia 90 tahun.
Dr Christina Chrysohoou, yang memimpin penelitian itu, mengakui ada bukti yang bertentangan mengenai dampak meminum kopi dengan kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi memperparah tekanan darah tinggi.

‘Namun, meminum kopi sudah melekat erat sebagai tradisi dalam budaya Yunani sehingga penting untuk meneliti kaitan minum kopi di pulau itu dengan “harapan hidup yang tinggi”‘, demikian tegas.Dr Christina Chrysohoou.

Pembuluh darah pada subyek penelitian, diteliti kekenyalan dan kelenturannya. Sekitar 56 persen peminum kopi berkategori moderat yaitu mengkonsumsi kopi antara satu hingga dua cangkir sehari. Ternyata mereka memiliki kesehatan pembuluh darah yang baik, dengan aliran darah yang serupa dengan orang yang lebih muda.

Pembuluh darah mereka lebih lentur ketimbang dari orang yang sedikit atau bahkan tidak minumkopi. Satu dari sepuluh orang yang meminum tiga atau lebih cangkir kopi sehari paling rendah kelenturan pembuluh darahnya.Temuan itu dilansir pada kongres The European Society of Cardiology di Stockholm.

Dr Christina Chrysohoou mengatakan peminum kopi rata-rata mengkonsumsi 25-50 ml kopi sehari. Kopi Yunani maupun kopi lain punya khasiat yang sama. Ia memperkirakan, kandungan kopi antara lain kafein dan antioksidan yang dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah dengan meningkatkan kemampuan menyerap nitric oksit,. Proses penyerapan ini terganggu pada pasien hipertensi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s