Makan Secukupnya Saja, Ya…


Makan dan minum adalah kebutuhan kita sehari-hari untuk menjaga kehidupan dan kesehatan. Tiap orang biasanya punya makanan atau minuman favoritnya. Kalau sudah ketemu dengan menu favorit ini, seseorang bisa menghabiskan porsi lebih banyak dari biasanya. Apalagi kalau memang sedang lapar.

Kesehatan kita tidak hanya ditentukan oleh apa yang kita konsumsi melainkan juga oleh seberapa banyak yang kita konsumsi. Fakta inilah yang jarang diketahui oleh masyarakat. Seberapa banyak sebenarnya porsi yang sehat itu?

988716_594446157260782_1474117165_n

Lambung kita adalah organ yang dapat membantu kita menentukan porsi sehat tersebut. Ketika lambung mulai penuh terisi makanan, dia akan mengirim sinyal yang kita rasakan sebagai rasa kenyang. Tapi, ketika kita sedang menyantap makanan atau minuman favorit kita, kadang kita mengabaikan rasa kenyang yang mulai kita rasakan dan terus menyantap hidangan tersebut.

Inilah kunci pertamanya: berhentilah makan/minum ketika pertama kali merasa kenyang. Itulah sebenarnya porsi yang kita butuhkan. Dengan peka terhadap batasan yang disinyalkan tubuh ini, kita dapat terhindar dari obesitas, bahkan mengurangi resiko sakit maag. Bagaimana bisa?

Lambung kita selalu memproduksi asam lambung untuk mencerna makanan yang kita asup. Dalam kondisi normal, banyaknya asam lambung yang diproduksi sesuai dengan pola makan kita. Sebagai contoh, apabila kita biasa makan satu centong nasi, lambung akan menyediakan asam lambung sebanyak yang diperlukan untuk mencerna satu centong nasi.

Apabila kita makan terlalu banyak, kali berikutnya lambung kita juga akan memproduksi asam lambung lebih banyak untuk mengantisipasi porsi yang sama besarnya. Apabila kita tidak makan sebanyak sebelumnya, bisa jadi kita akan terserang sakit maag. Terus makan banyak malah dapat berakibat kegemukan. Jadi serba salah, kan.

Jadi, ini kunci kedunya: makan/minumlah dalam porsi yang stabil dari waktu ke waktu. Semoga dengan mengingat dan menerapkan kedua kunci ini, kita akan lebih sehat. Juga, terhindar dari obesitas dan sakit maag!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s