Saat Lebaran Penderita Diabetes Bisa Tetap Sehat


Penderita diabetes umumnya harus membatasi asupan makanan dan minuman manis, namun saat Lebaran justru banyak tersaji makanan atau kue-kue manis. Lantas bagaimana caranya agar orang dengan diabetes bisa tetap merayakan Lebaran dengan sehat dan tak ‘menyiksa’?

Penderita diabetes masih boleh mengonsumsi kue-kue khas Lebaran, tapi penting untuk membatasi jumlahnya agar tak berlebihan. Kue khas Lebaran biasanya mengandung kadar karbohidrat dan gula yang tinggi, karena itu untuk mengimbangi agar tidak berlebihan sebaiknya penderita diabetes membatasi atau mengurangi asupan karbohidrat dan gula dari sumber makanan yang lain.

Penderita diabetes mengabaikan anjuran yang ada dan tetap mengonsumsi makanan manis secara berlebihan, maka bukan tak mungkin akan berisiko hiperglikemia. Kondisi hiperglikemia merupakan peningkatan kadar gula darah atau gula darah yang tidak terkontrol, yaitu menjadi di atas 300 mg/dL.

Yang tak kalah pentingnya adalah untuk tetap melakukan pemantauan kadar gula darah di hari tersebut. Ini bergantung dari anjuran dokter masing-masing, namun bisa dilakukan di pagi hari, siang hari, dan malam. Terutama saat sebelum dan sesudah makan.

Selain itu penderita diabetes juga harus memeriksa gula darahnya jika sudah timbul gejala hipoglikemia atau hiperglikemia.

Kondisi hipoglikemia muncul ketika kadar gula darah seseorang sangat rendah, yaitu berada di bawah 70 mg/dL. Kondisi ini muncul terutama saat bulan puasa karena adanya pengurangan asupan makanan. Gejala yang muncul antara lain keringat dingin, lemas, mata berkunang-kunang, dan terasa seperti akan pingsan.

Sementara gejala-gejala yang biasa terjadi saat mengalami kondisi hiperglikemia antara lain sulit bernafas dengan normal, suara napas menjadi berat, muntah, pusing, hingga mulut yang menjadi kering. Untuk memastikan apakah benar hiperglikemia atau hipoglikemia, maka harus dilakukan pengukuran kadar gula darah segera.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s