Mudik?? Tapi Jangan Tahan Buang Air Kecil Ya. . .


Saat melakukan perjalanan jauh dan timbul keinginan untuk buang air kecil, seringkali orang merasa malas untuk berhenti sejenak karena merasa ‘tanggung’. Nyatanya, kebiasaan ini memberi efek buruk bagi kesehatan tubuh, khususnya kesehatan organ ekskresi Kita.

Dalam kondisi normalnya, kandung kemih bisa menampung urine sebanyak 300-400 cc. Tapi kalau sudah lebih dari itu dan ditahan dalam waktu yang cukup lama bisa menimbulkan risiko infeksi kandung kemih. Pada akhirnya jika diteruskan kondisi tersebut bisa berlanjut hingga timbul perasaan anyang-anyangan. Anyang-anyangan merupakan kondisi di mana seseorang selalu merasa ingin buang air kecil, tetapi urinenya sedikit atau bahkan tidak ada.

Sekarang kan pom bensin sudah banyak, harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Kalau memang ingin bilas dengan air yang bersih, bawa sendiri saja air botol mineral dan tisu basah, cukup aman kok.

Ingat,.terlalu sering menahan buang air kecil, apalagi jika orang tersebut sudah memiliki riwayat kerusakan pada dinding otot kencing, bisa berujung hingga menimbulkan lumpuh.

Bila perlu gunakan diapers jika memang kondisinya orang tersebut tidak bisa menemukan toilet dalam waktu dekat. Lebih baik menggunakan diapers seperti ini dibandingkan dengan menahannya terlalu lama di sepanjang perjalanan.

Yang penting diingat juga adalah jangan lantas membatasi air minum agar lebih jarang buang air kecil. Justru saat perjalanan jauh seperti itu kondisi dehidrasi harus bisa dicegah dengan banyak mengonsumsi air putih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s