6 Manfaat Berpuasa Bagi Tubuh


1. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan diet, maka ganti diet Anda dengan puasa, karena dengan berpuasa jadwal makan dan minum akan teratur dengan baik, juga tidak berlebihan dan tidak juga menyiksa tubuh Anda. Tetapi Anda juga harus berhati-hati, proses penurunan berat badan saat berpuasa sulit terjadi jika saat berbuka, Anda lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan kalori dibandingkan sayuran dan buah.

2. Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Kosongnya lambung saat Anda berpuasa membantu detoksifikasi (pembuangan racun didalam tubuh) dan kemudian prosesnya dioptimalisasi pada saat berbuka puasa. Penyerapan nutrisi didalam tubuh juga lebih efektif, nutrisi yang didalam makanan terserap sempurna sehingga meminimalisir penumpukan makanan yang membusuk ditubuh.

3. Menghilangkan /Meredakan Nyeri Pada Persendian

Siapa sangka, puasa juga bisa menjadi obat untuk meredakan penyakit yang satu ini. bagi orang yang menderita arthritis atau radang sendi. Sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel netrofil dalam membasmi bakteri. Netrofil, atau sel penetral merupakan unsur yang mampu menetralkan racun maupun bakteri penyebab radang sendi.

4. Mengurangi Konsumsi Cairan yang Berlebihan

Pengurangan konsumsi air selama puasa, bisa membantu mengatasi akumulasi cairan yang berlebihan pada tubuh. Proses “pengeringan” ini akan mengatasi pembengkakan pada perut, kaki dan lutut yang sering dialami saat seseorang mengalami menstruasi.

5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Tak perlu berobat secara medis untuk mengatasi tekanan darah tinggi Saat berpuasa, otomatis kita akan lebih sedikit mengonsumsi makanan terutama yang mengandung lemak, gula dan kolesterol tinggi. Hal ini yang kemudian berdampak pada penurunan kolesterol dan gula darah. Jika disertai dengan diet makanan sehat saat sahur dan buka puasa, manfaatnya akan didapatkan dengan lebih optimal.

6. Puasa Sebagai Waktu Istirahat

Dengan berpuasa maka Anda secara tidak langsung telah memberikan waktu bagi tubuh dan sestem pencernaan untuk beristirahat. dengan begitu beberapa organ pencernaan dalam tubuh seperti kerongkongan, usus, lambung bisa bekerja lebih baik saat Anda mulai mengkonsumsi makanan lagi ketika berbuka puasa.

2 thoughts on “6 Manfaat Berpuasa Bagi Tubuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s