Menu Makanan Sehat Untuk Maag


Menu makanan sehat penderita penyakit maag yg pasti adalah makanan yg mempunyai tekstur lembut dan tidak mempunyai rasa yang tajam sehingga tdk merangsang produksi asam lambung. Untuk porsinya tdk perlu terlalu besar, cukup porsi kecil namun sering diberikan dlm selang waktu tiap 3 jam sekali. Makanan juga harus memenuhi kecukupan nilai kadar gizi bagi tubuh, baik protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan juga air.

431934_545876882117710_1827185537_n

Menu makanan yg memiliki kandungan gas berlebih seperti, kubis, kembang kol, nangka, durian, kopi, minuman bersoda dan juga makanan atau minuman beralkohol harus dihindari. Makanan sebaiknya tdk memakai bahan ataupun bumbu yg tajam seperti asam jawa, belimbing wuluh, asam kandis, asam gelugur, jeruk nipis, cabai, cuka dan lada.sehingga bisa merangsang produksi asam lambung.

Makanan yg sebaiknya dihindari juga oleh pennderita penyakit maag adalah makanan yg susah dicerna seperti makanan yg berbahan beras ketan, singkong, jali, ubi, butter cream, kue tart dll. Begitu juga dgn makanan yg berserat tajam seperti kedondong dan nenas juga harus dihindari bagi penderita penyakit maag ini.

Untuk proses memasak menu makanan sehat yg disarankan bagi penderita penyakit maag adalah dgn direbus dan dikukus. Tujuan utamanya adalah supaya bisa menghasilkan makanan yg bertekstur lembut/lunak. Makanan yg dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang, selain makanan menjadi kering, liat dan keras maka minyak yg masih tersisa pada makanan juga dapat merangsang rasa mual pada penderita penyakit maag.

Hal utama yg perlu diperhatikan supaya terhindar dari gangguan pencernaan atau penyakit maag adalah dgn menjaga pola hidup yg teratur, istirahat cukup dan terutama pola makan yg sehat. Jadi menu makanan sehat dan cukup gizi adalah hal utama harus diperhatikan dalam menjalani pola hidup sehat untuk penderita penyakit penyakit maag.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s