Alkohol Berlebihan – Bahayanya ?


163580_540751125963619_2145287081_n

Minuman keras atau minuman beralkohol bisa jadi kawan yang menyenangkan ataupun membahayakan. Semua bergantung dari, salah satunya, seberapa banyak minuman tersebut dikonsumsi. Apa yang menandakan bahwa seseorang telah telalu banyak mengkonsumsi alkohol, biasa disebut mabuk?

Gejalanya bisa jadi muntah, tak sadarkan diri, dan nafas menjadi tidak teratur ataupun melambat. Namun, tentu tidak bijaksana minum sampai mabuk hanya untuk mengetahui batas toleransi tubuh kita terhadap alkohol. Kalaupun Anda ingin minum minuman beralkohol, minumlah secukupnya, berhentilah sebelum mabuk.

Sayangnya, beberapa orang menganggap bermabukan sebagai iseng belaka. Kalaupun dianggap sebagai iseng, ini sebenarnya adalah keisengan yang berbahaya bahkan mematikan. Alkohol berlebihan memang jarang langsung menyebabkan kematian namun tetap merusak kesehatan.

Alkohol berlebihan menghambat oksigen ke otak dan perlahan merusak fungsi berbagai organ, bahkan yang vital. Dengan gaya bahasa personofikasi dalam sebuah artikel, Jerome Levin, seorang ahli kesehatan, mengatakan bahwa salah satu target favorit alkohol adalah sistem syaraf. Kerena itu, kemabukan sangat merugikan apabila dilakukan seorang remaja. Otak manusia masih berkembang pesat sampai usia sekitar 20 tahun. Hobi mabuk seusia remaja membuat kerusakan signifikan terhadap kemampuan otak.

Karena menyerang otak, kemabukan juga membuat seseorang dapat melakukan hal-hal yang bahkan tak terpikir olehnya ketika sadar. Hal itu bisa jadi dikarenakan halusinasi yang biasanya dialami ketika seseorang mabuk. Kondisi mabuk juga memperbesar dorongan perasaan untuk berbuat jahat.

Kemabukan juga merusak penampilan. Bermunculannya jerawat, keriput dini, dan penambahan berat badan termasuk risiko kemabukan. Selain itu, kemabukan mengakibatkan ketergantungan. Jadi, jangan mengambil risiko walau hanya sekali untuk mabuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s