Cara Sehat Menyimpan Makanan


947275_533765256662206_1838787775_n

Untuk menghemat waktu dan uang Kita, Kita mungkin sering membeli banyak bahan makanan sekaligus. Atau, Kita mungkin terbiasa memasak banyak hidangan sekaligus untuk tiga kali waktu makan dalam satu hari. Ini berarti ada banyak bahan makanan atau banyak masakan yang perlu Kita simpan. Karena makanan yang Kita konsumsi berpengaruh langsung pada kesehatan Kita dan keluarga Kita, Kita perlu tahu cara menyimpan makanan dengan sehat.

Prinsip yang pertama yang perlu Kita ketahui adalah perlunya meletakkan bahan-bahan makanan secara terpisah satu sama lain. Bahan makanan yang mentah terutama yang mengandung kuman dan kotoran masing-masing. Meletakkannya secara terpisah membantu Kita memastikan bahwa kuman dan kotoran itu tidah pindah ke bahan makanan lainnya. Pemisahan ini perlu dimulai sejak berbelanja, menyimpan, sampai ketika akan memasak bahan-bahan makanan tersebut.

Di mana Kita biasanya menyimpan bahan makanan? Lemari pendingin, kulkas, dewasa ini adalah tempat utama menyimpan bahan makanan. Rendahnya suhu dalam kulkas memang bisa menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya.Untuk itu perlu dipastikan suhunya tidak kurang dari 4 derajat Celsius. Sedangkan freezer suhunya tidak boleh kurang dari -17 derajat Celsius.

Namun, beberapa jenis bahan makanan tidak tahan di bawah suhu rendah. Bahan-bahan makanan seperti ini sebaiknya dikeluarkan dari kulkas tiap dua jam sekali. Yang terutama perlu dipisah dalam penyimpanan adalah daging. Kita perlu memisahkan antarjenis daging maupun memisahkan daging dari bahan makanan lain. Selain itu, jangan biarkan cairannya mengenai bahan makanan lain.

Ketika mempersiapkan bahan makanan untuk dimasak, letakkan masing-masing bahan secara terpisah. Jangan gunakan alas atau wadah bekas daging untuk bahan makanan lain kecuali telah dicuci bersih dengan sabun. Hal yang sama juga berlaku pada alas atau wadah bekas bahan makanan mentah untuk masakan matang. Dan, jangan lupa juga untuk meletakkan masakan di tempat tertutup agar tidak dihinggapi lalat atau terkena banyak kotoran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s