Roti Boleh Disimpan di Kulkas, Asalkan…


Banyak pakar roti dan artikel yang menyarankan untuk tidak menyimpan roti di kulkas karena roti bisa saja terkontaminasi bakteri. Namun, Anda masih bisa menyimpannya, asal cara dan lokasi penyimpanannya benar.

Untuk keluarga kecil atau individu, roti tawar biasa dibeli dalam satu pak yang berisi 10-12 lembaran. Dan, terkadang roti tidak akan habis dalam waktu empat hari. Roti sehat sendiri biasanya hanya bisa tahan hingga empat hari karena tanpa pengawet.

Cara terbaik menyimpannya justru di kulkas yaitu di bagian freezer. Roti dibungkus secara keseluruhan dengan kertas alumunium lalu dimasukkan ke dalam freezer. Atau, bungkus dengan plastik wrap dan masukkan ke dalam zip lock lalu simpan ke dalam freezer.

Suhu terbaik penyimpanan roti dikulkas yaitu antara minus 16 hingga minus 18 derajat Celsius dengan daya tahan hingga sebulan karena bakteri tidak dapat berkembang. Atau, Anda dapat menyimpannya di chiller dengan suhu antara 4 – 6 derajat Celsius dengan daya simpan hingga seminggu.

Jika Anda ingin menyantapnya, Anda cukup mengambil sejumlah roti yang akan dimakan. Letakkan seperti biasa di ruangan hingga suhunya sama dengan empuk lagi.

Jika suka roti panggang, maka panasi diatas wajan atau panggangan hingga berwarna kecoklatan. Di oven dengan suhu 150 – 200 derajat Celsius selama tiga menit. Dan, untuk di microwave selama 60 detik dengan panas medium.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s