Manfaat Jambu Klutuk


Jambu Klutuk atau jambu biji, bukan tanaman yang asing bagi masyarakat Indonesia. Buah yang memiliki nama latin Psidium Guajava ini, dapat tumbuh subur di semua wilayah tropis tanpa kesulitan. Perawatannya pun tidak sulit, karena ia dapat tumbuh subur tanpa banyak macam perlakuan khusus.

Di Indonesia, terdapat dua jenis varian buah jambu klutuk, yaitu varian Jambu Bangkok, dan varian jambu klutuk lokal. Pada varian jambu klutuk lokal, terdapat dua jenis, yaitu yang berdaging putih, lebih dikenal sebagai jambu susu putih, dan jenis berdaging buah warna merah. Disamping karena banyaknya manfaat jambu Klutuk dari sisi kandungannya, kedua jenisnya pun sama-sama memiliki cita rasa manis dan segar.

Asal Mula Buah Jambu Klutuk

Jambu biji adalah buah manis dari pohon jambu, yang tumbuh di daerah tropis Amerika dan Asia. Genusnya ini terdiri dari sekitar 100 pohon kecil dan semak-semak, dengan jenis Psidium guajava sebagai spesies yang paling dibudidayakan untuk segala jenis konsumsi. Buahnya bisa dimakan mentah atau digunakan untuk berbagai minuman, makanan pencuci mulut, dan saus.

Jambu biji yang diyakini berasal di daerah yang membentang dari selatan Meksiko ke Amerika Tengah. Sejak 1526, telah umum hanya bisa di tanam di seluruh bidang beriklim hangat yang tropis khas Amerika, Hindia Barat, Bahama, dan Bermuda. Saat itu diperkenalkan ke Florida pada tahun 1847 dan dibawa dari sana ke Hindia Timur (Indonesia) dan Guam (Thai). Kemungkinan menyebar dari daerah-daerah ke Asia dan Afrika. Saat itu diperkenalkan ke Hawaii pada awal abad 19 dan sekarang umum di seluruh pulau-pulau Pasifik.

Tanaman ini sepadan dengan cemara, dalam bentuk baik dari dangkal-berakar semak atau sampai ukuran pohonnya yang berukuran hingga 33 kaki (10,05 meter) tingginya. Pohon itu memiliki kulit berwarna tembaga halus dan memiliki cabang yang tersebar di bagian atas pohon. Daunnya hijau dan kasar. Selain buah, pohon itu juga di kenal dengan bentuk bunga putih wangi dengan empat atau lima kelopak.

Pohon jambu biji membutuhkan iklim hangat. Mereka mendapatkan iklim yang ngepas dan yang terbaik di daerah dengan sinar matahari penuh yang tidak begitu lembab. Cara budidayanya sering ditumbuhkan dengan perbanyakan vegetatif atau dari stek akar. Tanaman ini relatif tmbuh sembarangan di tanah, dan pada umumnya beradaptasi dengan mudah. Tidak seperti buah-buahan tropis besar, mereka dapat tumbuh dengan ukuran kecil, bahkan dapat berbuah di dalam ruang pot.

Kaya Vitamin dan mineral

Dalam beberapa penelitian, ditemukan bahwa manfaat jambu klutuk yang berdaging buah merah, ternyata terletak di kandungan vitamin A dalam jumlah yang lebih tinggi yakni sekitar 3,1 mg/100 gr dibandingkan dengan jambu klutuk yang berwarna putih.

Selain itu, buah jambu klutuk merupakan sumber vitamin C yang tinggi, yakni 6 kali lebih banyak dibandingkan jeruk dan 30 kali lebih banyak dibandingkan pisang. Oleh karena itu, jambu klutuk dipercaya dapat mengobati penyakit demam berdarah dan meningkatkan jumlah trombosit dalam darah penderita secara signifikan. Penderita DBD yang mengkonsumsi air rebusan daun jambu klutuk atau meminum jus jambu klutuk sebanyak 500 cc sehari semalam, bisa berpengaruh pada meningkatnya jumlah trombosit dalam jarak waktu 8 hingga 48 jam.

Vitamin lain yang terkandung dalam jambu klutuk adalah vitamin B-tiamina (B1), riboflavin (B2), asid nikotinik dan asid pantotenik. Selain itu, jambu klutuk juga memiliki kandungan minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guaja vermin, kalsium oksalat dan beberapa vitamin, terutama A, B dan C serta mineral. Penelitian juga mengungkap bahwa jambu klutuk merah mengandung fosforus, kalsium, besi, kalium, dan natrium.

Seperti kita ketahui, manfaat jambu klutuk, terutama vitamin C disini adalah menjaga dan memacu kesehatan pembuluh darah kapiler, mencegah anemia, sariawan, gusi berdarah, dll. Juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna melawan berbagai infeksi, sehingga penyakit seperti flu, batuk, demam, dll tidak gampang singgah ke tubuh kita.

Vitamin C di sini juga berperan dalam pembentukan kolagen yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Ia mendorong selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, payudara, prostat, usus besar, otak dan empedu.

Resep Pembuatan Jus Jambu Klutuk

  • Mellitus/kencing manis

    Belah sebutir jambu klutuk menjadi 4, lalu rebus dan minum airnya 2 X sehari.

  • Maag

    8 lembar daun jambu klutuk yang masih segar, rebus dengan 1.5 liter air. Saring dan minum 3 X sehari, pagi, siang dan sore.

  • Sakit Perut (Diare dan Mencret)

    5 lembar daun jambu klutuk, 1 potong akar, kulit dan batangnya

    Rebus dengan 1,5 liter air, lalu disaring. Minum 2 X sehari pagi dan sore.

  • Sakit Perut atau Diare pada bayi yang masih menyusui

    Buah Jambu klutuk yang masih muda dan garam secukupnya. Dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut. Airnya ditelan ibu dan ampasnya dibuang.

  • Masuk Angin

    10 lembar daun jambu klutuk muda, 1 butir cabai merah, 3 biji asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya. Semua bahan direbus dengan 1 liter air. Saring, minum 2 kali sehari.

Kuliner dari Buah Jambu

Buah ini mungkin bulat, bulat telur, atau berbentuk buah pir dan 2-4 inci (5-10 cm) di diameter. Kulit tipis berwarna kuning terang dalam warna, kadang-kadang diwarnai dengan warna merah. Daging putih atau oranye-merah muda tergantung dari varietas, dan berisi banyak kecil, biji keras. Seikat buah jambu biji ditandai dengan bau, kuat manis. Banyak varietas buah yang tumbuh, di antaranya termasuk cattleianum Psidium (jambu biji stroberi), Psidium guajava (jambu biji klutuk), dan Psidium friedrichstahlium, jambu biji Costa Rika.

Sebagaimana yang telah di jelaskan sebelumnya, buah jambu biji ini kaya akan vitamin A, B, dan C, serta beta karoten. Dan biasanya buah ini dimakan mentah mentah, dengan di makan secara bulat bulat, atau di makan dengan di buang bijinya dan diiris dalam makanan penutup atau salad. Akan halnya, buah ini masih belum menemukan cita rasa yang negpas untuk di pasak. Meskipun dengan memasaknya bisa menghilangkan bau yang kuat. Buah ini di buat manisan pun bisa, sehingga banyak pula yang membudidayakannya sebagai buah kaleng dan dijual untuk ekspor. Di kalengkan tentu saja dalam bentuk pengolahan lebih lanjut, seperti jus, nektar, dan sajian manisan,

Pemanfaatan lainnya adalah sebagai tambahan berbagai resep, karena mengenai rasa, memang ada cita rasa yang sangat khas dari jambu. Semisal ada minuman ringan dengan rasa jambu, atau minuman penambah energi di bentuk dengan rasa jambu. Juga ratusan resep yang tak terhitung untuk penggunaan jambu biji dalam beragam penganan dari pie, kue, puding, jeli, bahkan hingga pemanfaatannya sebagai makanan olahan seperti es krim.

Berminat? Silahkan mulai menjadikan tanaman ini sebagai salah satu koleksi tanaman Anda di rumah, dan nikmati bermacam manfaat jambu klutuk yang dihasilkan dari halaman sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s