Bunga Kuburan sebagai Pengusir Nyamuk


Kalian pasti tahu dong, Bunga kamboja. Pohon kamboja biasanya ditanam sebagai tanaman hias di halaman dan juga kuburan. Pohon kamboja mudah tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Berbeda dengan tumbuhan lain, seperti lavender, zodia, atau sereh. Daunnya lonjong dan meruncing di bagian ujungnya. Bunganya berbentuk terompet, warnanya putih, merah muda, dan merah.

bunga-kamboja

Bunga Koamboja (Plumeria acuminata) di Indonesia banyak ditemui di pekuburan sehingga berkonotasi dengan hal-hal klenik. Padahal bunga yang indah, awet, dan harum ini punya banyak manfaat, antara lain sebagai pengusir nyamuk.

Bunga kamboja mengandung minyak atsiri yang mengandung senyawa geraniol yang dapat mengusir nyamuk. Bunga berwarna putih dan ada pula yang berwarna kuning ini juga mengandung sitronelol dan linalol yang memberi efek relaksasi dan mengurangi stres.

Lavender, zodia, dan sereh juga mengandung geraniol, sitronelol, dan linalol, tetapi lebih sulit ditanam atau seperti sereh lebih banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masak.

Pengusir nyamuk dipilih dalam bentuk lilin karena ekstrak bunga kamboja murni tidak dapat langsung digunakan, tetapi perlu dipanaskan agar menghasilkan bau untuk mengusir nyamuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s