Beberapa Manfaat Biji Bunga Matahari


bungamatahari

Bunga Matahari mulai digunakan lebih dari 5.000 tahun lalu oleh penduduk asli Amerika, orang Spanyol membawa mereka dan segera diperkenalkan ke negara-negara Eropa tetangga. Saat ini, produsen utama dari biji bunga matahari adalah Federasi Rusia, Peru, Argentina, Spanyol, Perancis dan Cina. Tahukah kita, ternyata biji bunga matahari ini memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan.
Berikut ini beberapa manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan kita:

Mencegah Kardiovaskular
Bunga Matahari merupakan sumber vitamin E yang luar biasa, yang memainkan peran yang sangat penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular. Vitamin E merupakan antioksidan yang membantu menjaga radikal bebas dari oksidasi kolesterol. Hanya ketika teroksidasi, kolesterol dapat menempel pada dinding pembuluh darah dan menyebabkan aterosklerosis, yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung, atau stroke. Kita bisa mendapatkan lebih dari sembilan puluh persen dari nilai harian untuk vitamin E dalam hanya seperempat cangkir biji bunga matahari.

Anti-inflamasi
Biji bunga matahari merupakan sumber vitamin E yang larut dalam lemak antioksidan. Vitamin E perjalanan ke seluruh tubuh menetralkan radikal bebas yang lain akan merusak lemak yang mengandung struktur dan molekul, seperti membran sel, sel otak, dan kolesterol. Dengan melindungi komponen-komponen seluler dan molekuler, vitamin E memiliki efek anti-inflamasi yang menghasilkan pengurangan gejala pada asma, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis.

Pencegahan Kanker
Biji bunga matahari merupakan sumber selenium. Studi menunjukkan korelasi yang kuat antara asupan selenium rendah dan timbulnya kanker. Selenium telah terbukti menginduksi perbaikan DNA dan sintesis dalam sel yang rusak, untuk menghambat proliferasi sel kanker, dan untuk menginduksi apoptosis mereka, mekanisme merusak diri sendiri digunakan tubuh untuk menyingkirkan sel-sel rusak atau abnormal.

Selain itu, selenium yang tergabung di situs aktif protein, termasuk glutation peroksidase, yang sangat penting untuk perlindungan terhadap kanker. Salah satu enzim terkuat antioksidan tubuh, glutathione peroxidase digunakan oleh hati untuk detoksifikasi sebuah molekul yang besar yang berbahaya. Seperempat cangkir biji bunga matahari ini menyediakan lebih dari tiga puluh persen dari nilai harian untuk selenium. Vitamin E dalam biji bunga matahari juga telah terbukti mengurangi risiko kanker usus besar, kanker kandung kemih, dan kanker prostat.

Kesehatan Tulang
Biji bunga matahari sangat kaya akan magnesium, memang kalsium diperlukan untuk tulang kuat, tapi magnesium juga sangat berperan dalam hal ini. Sebagian besar kebutuhan magnesium dalam tubuh manusia adalah untuk memenuhi kebutuhan di sektor tulang.
Kurangnya magnesium menyebabkan tekanan darah tinggi, ketegangan otot, sakit kepala migrain, nyeri dan kelelahan. Tidak mengherankan bahwa studi telah menunjukkan magnesium membantu mengurangi frekuensi serangan migrain, menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah serangan jantung. Biji bunga matahari juga mengandung triptofan, asam amino yang membantu memproduksi serotonin, suatu neurotransmitter penting. Serotonin mengurangi ketegangan, menenangkan otak dan mempromosikan relaksasi.

Perlindungan kulit
Vitamin E kadang-kadang digambarkan sebagai “penangkal petir” dari sel, yang memungkinkan molekul reaktif untuk menyerang sel, seperti kilat, tanpa menyebabkan kerusakan. Fungsi vitamin E adalah sangat jelas dalam kasus kulit, karena vitamin E secara langsung melindungi kulit dari radiasi ultraviolet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s