Termasuk Tanaman Hias, Namun Nanas Merah Tetap Berupa Buah dan Dapat Dimakan


nanas hias atau nanas merah

Pada tahu gak nih tentang Nanas Merah ?? yuuuk baca artikel ini.
Nanas pada umumnya adalah buah tropis dengan kelembaban rendah. Bisa hidup dengan sinar matahari langsung atau sebagian. Nanas merah ukurannya rata-rata lebih kecil dibanding nanas biasa. Nanas-nanas itu berusia antara tiga hingga lima bulan. Pangkal buah dikelilingi beberapa tunas yang ukurannya lebih kecil. Tunas di ujung buah terkadang memiliki cabang lebih dari satu. Biasanya, nanas merah yang memiliki tunas buah yang bercabang serta dikelilingi tunas kecil yang tumbuhnya rata dan baik, menjadi incaran. Harganya pun mahal karena tidak dapat direkayasa.

Nama ilmiah nanas merah adalah Ananas Bracteatus. Tanamah ini termasuk tanaman hias berbunga, dan berasal dari Argentina, Brazil dan Paraguay. Bunganya berwarna violet pucat dengan bias2 merah dan pink ( merah muda ) dan berduri. Daunnya panjang, linier dan melengkung. mempunyai batang semu dengan tinggi 30 – 50 cm mempunyai batang dalam bentuk roset dengan pangkal yang melebar dan menjadi pelepah Beberapa berwarna hijau tua dan ada yg semburat merah. Daging buah berwarna putih kekuningan mengandung banyak cairan yang rasanya manis, asam, harum dan tidak berbiji.

Jika nanas biasa, memililki duri2 besar di dasar daun yg melengkung ke bawah menuju dasar tanaman. Tetapi yg aku luhat di depan pagar rumahku, duri3nya kecil dan lembut, walau tetap saja sakit jika terkena durinya..Nanas merah yg sudah masak dapat dimakan seperti nanas biasa, walau ‘daging’nya ‘kurus’.

MANFAAT :

  • Bagi etnis Tionghoa, nanas merah merupakan membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Tidak tahu, apa yang menjadi ‘peruntungannya’, tetapi yang jelas, nanas merah ini memang cantik. Beberapa orang juga mengatakan, bahwa nanas merah bisa di pakai untuk pengobatan “orang pintar”.Namun, jangan harap nanas merah akan dibeli kalau ada cacat misalnya daun tunasnya terpotong atau rusak. Begitu juga buahnya. Kondisi seperti itu dianggap mengganggu rezeki.
  • Di Filipina dan Taiwan, serat dari daun dibuat menjadi pakaian yang bagus,
  • Nanas merah juga diyakini sebagai obat tradisional untuk kesehatan reproduksi wanita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s