Hati – Hati Untuk Kamu Pemakai Lensa Kontak


Keratitis adalah peradangan pada kornea (membran transparan yang menyelimuti bagian berwarna mata dan pupil). Penyakit ini pada umumnya menyerang para pemakai lensa kontak yang mengabaikan prosedur perawatan standar. “Pemakaian lensa kontak secara terus-menerus bisa membuat kornea kering dan kekurangan oksigen. Akibatnya, kornea menjadi mudah teriritasi sehingga meningkatkan risiko terjadinya peradangan,” ujar dr. Yunia.

Penyebab: Penyebab umum terjadinya keratitis adalah trauma atau luka yang terjadi tepat di kornea mata. Misalnya, pada saat kita mengucek mata secara berlebihan sehingga menimbulkan luka pada kornea. Kondisi mata yang kering akibat pemakaian lensa kontak secara terus-menerus juga mengakibatkan keratitis. Selain itu, keratitis bisa pula disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur.

Gejala : Produksi air mata yang berlebihan dan rasa nyeri yang teramat sangat pada mata. Selain itu, terjadi juga penurunan ketajaman penglihatan. Pada beberapa kasus juga ditemui radang pada kelopak mata yang menyebabkan mata menjadi merah dan bengkak serta sangat sensitif terhadap cahaya yang berlebih. Apabila tidak segera diatasi, peradangan pada kornea ini bisa mengakibatkan kebutaan.


Cara mengatasi :
Obat tetes mata atau salep mata yang bersifat antibiotik, antijamur, atau antivirus biasanya diberikan untuk menyembuhkan keratitis. Obat-obatan yang mengandung steroid tidak boleh digunakan untuk mata yang terkena keratitis, karena bisa memperburuk kondisi kornea. Terapi bedah laser terkadang dilakukan untuk kasus keratitis yang sudah berat, karena pasien membutuhkan transplantasi kornea agar dapat melihat kembali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s