Nih !!! Khasiat Tanaman Hias Siantan


images

Taukah anda? Ini adalah tumbuhan siantan. Nama cina nya adalah Long Chuan Hua.

Tanaman perdu tegak ini tingginya sekitar 1 m – 2,5 m, berbatang coklat kehitaman, banyak bercabang, cabang muda berwarna coklat kemerah-merahan. Daun tunggal, letak berhadapan-bersilang, tangkai daun sangat pendek, bulat telur sungsang sampai jorong, tepi rata, warna daun hijau tua, daun muda di ujung tangkai berwarna merah kecoklatan, permukaan daun mengkilat, bagian ujung dan pangkal daun runcing, panjang 6 – 13 cm, lebar 3 – 4 cm. Bunga berupa bunga majemuk berbentuk malai rata, warna oranye, tumbuh di ujung tangkai. Buah bulat, penampang 7 – 8 mm, merah ungu.

Budidaya tanaman ini juga mudah yaitu dengan perbanyakan tanaman dengan stek. Cara pemeliharaannya dengan cukup air dalam penyiraman, menjaga kelembapan, dan pemupukan terutama pupuk dasar. Siantan menghendaki tempat yang cukup sinar matahari.
Siantan (Ixora stricta Roxb) atau bisa disebut dengan soka, soka beureum, ini mempunyai kandungan kimia seperti saponin, flavonoid, dan tanin. Anggota famili Rubiaceae ini bersifat rasa manis, sejuk, dan hipotensif. Tanaman ini berkhasiat menghilangkan bekuan darah dan menghilangkan sakit.

Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah bunga, akar, tangkai, dan daunnya. Selain berkhasiat menghilangkan bekuan darah, dan menghilangkan sakit, siantan juga berkhasiat untuk:

  • Meningkatkan kadar Hemoglobin ( HB )
  • Meningkatkan Jumlah Eritrosit
  • Meningkatkan Jumlah Trombosit
  • Memperbaiki sel-sel darah merah
  • Mengobati penderita Anemia akibat kurang darah
  • Daya tahan tubuh
  • Mencegah dan membantu meredakan demam yang diakibatkan oleh nyamuk seperti : Demam Berdarah Dengue, Malaria, Yellow Fever, dll.
  • Melancarkan haid yang tidak teratur
  • Hipertensi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s