Panas ? Nih, 4 Cara untuk Atasi Kepanasan


Kondisi cuaca semakin hari semakin panas saja, padahal banyak dari Anda yang harus melakukan aktivitas di luar ruangan, termasuk bekerja dan berolahraga. Hanya gara-gara kepanasan, segala aktivitas Anda itu pun bisa terganggu.

Oleh karena itu, seorang dokter yang memfokuskan keahliannya pada kedokteran olahraga di Cleveland Clinic Sports Health, Susan Joy, M.D. memberikan tips agar Anda tetap merasa aman dan nyaman meski berada dalam kondisi kepanasan seperti dilansir dari menshealth, di bawah ini.

1. Sesuaikan Diri Anda dengan Suhunya

Jika Anda tidak terbiasa berolahraga dalam suhu tinggi, Anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi dengan kondisi itu. Faktanya, tubuh Anda membutuhkan waktu 7-10 hari untuk bisa menyesuaikan diri dengan panas matahari.

Jadi ringankan beban Anda ketika memulai aktivitas di hari yang panas, misalnya jika Anda terbiasa berlari sejauh 5 mil sebelum berkeringat, maka berlarilah sejauh 4 mil saja hingga tubuh Anda benar-benar siap menghadapi panas.

2. Waspadai Tanda-Tanda Peringatan

Seiring dengan semakin panasnya suhu di sekitar kita maka berbagai gejala penyakit pun menjadi semakin parah dan kondisi Anda semakin buruk. Jadi cegah hal itu terjadi lebih awal.

Kondisi seperti kelelahan ekstrim, pening, kram, menggigil dan penurunan produksi keringat secara mendadak akibat kepanasan bisa Anda cegah dengan berendam di air dingin atau menaruh es di belakang leher, ketiak dan paha. Anda juga bisa menggunakan air dingin yang diletakkan dalam botol.

3. Koordinasikan Kebugaran Anda

Jika ingin fisik Anda tetap aktif dalam cuaca sepanas ini, rencanakan latihan di pagi buta atau sore hari untuk menghindari komplikasi dari panas. Keluarlah dari rumah sebelum jam 10 pagi atau setelah jam 4 sore karena diantara kedua jam inilah matahari berada pada suhu tertingginya.

4. Hidrasilah dengan Benar

Tak ada yang bisa memberi Anda hidrasi sebaik segelas air dingin. Namun jika Anda melakukan aktivitas fisik sedikitnya selama 1 jam, maka pastikan Anda mengonsumsi minuman olahraga yang akan mengisi kembali sistem tubuh Anda dengan elektrolit.

Satu hal yang harus Anda hindari adalah minuman keras. “Jika Anda hanya duduk di bawah sinar matahari dari waktu ke waktu, alkohol akan membuat Anda dehidrasi dan membuat Anda lebih rentan terkena penyakit akibat kepanasan,”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s