Gadget Alert !


Terganggu istirahat malam karena tetangga dekat rumah nonton film kartun, main DS atau PS3, atau memakai vacuum cleaner yang berisik sampai berjam-jam? Jangan salahkan teknologi. Yang terjadi di sini adalah kekeliruan tentang lama dan pilihan waktu untuk menggunakan gadget.

Sebuah studi terhadap warga New York, AS, menunjukkan, karena sibuk sepanjang hari di luar rumah, mereka menggunakan alat elektronik secara eksesif di malam hari. Menyalakan komputer, televisi, telepon genggam, dan lain-lain di saat jam tidur. Coba jujur, banyak dari kita yang juga begitu, ‘kan?

Masalahnya, sorotan cahaya buatan dari alat elektronik yang biasanya kita terima sejak matahari tenggelam, akan mendorong hormon melatonin (penyebab kita siaga) dan ritme jantung untuk bekerja terus-menerus. “Bila ini terjadi hingga larut malam, kita akan sulit untuk tidur. Itu sebabnya, bila kita menonton televisi di kamar tidur, sesudahnya kita justru jadi sulit tidur,” terang Budi Haryanto, Ph.D., M.Sc., MSPH., ahli kesehatan lingkungan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Bahaya tak langsung juga ada. Yang sedang ramai diperbincangkan, terlalu lama di depan TV membuat kita malas melakukan hal-hal lain. Sebaliknya, kita hanya mau makan, ngemil, minum soda. Akibatnya, berat badan bertambah secara berlebihan, kita jadi rentan obesitas dan diabetes. Menonton TV nonstop terlalu lama juga dapat menyebabkan amblyopia atau ‘mata malas’, khususnya pada anak-anak. Ini adalah gangguan transmisi (pengiriman) gambar yang kita terima secara visual saat menuju otak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s