Apa Benar Mengintip Berakibat Mata Bintitan ?


Beberapa dari Anda pasti pernah merasakan yang namanya bintitan. Menurut mitos dan kelakar di masyarakat, pembengkakan berisi nanah di tepi kelopak mata ini terjadi lantaran sering mengintip. Tapi, tentu saja ini tidak benar.Secara medis, bintitan disebabkan oleh infeksi salah satu folikel rambut yang merupakan tempat asal bulu mata tumbuh. Penyakit ini hampir selalu terjadi di kelopak mata bawah.

Bintitan biasanya matang dan “meletus” dalam empat atau lima hari. Menggosok dan menarik-narik bulu mata dapat mendorong bintitan, yang mungkin juga terkait dengan peradangan menyeluruh kelopak mata, yang dikenal sebagai blefaritis. Bintitan tidak terlalu menginfeksi, namun bisa menyebar dari mata satu ke mata lain. Bintitan biasanya tidak berbahaya dan bisa ditangani di rumah.

Pisahkan waslap dan handuk anak dari anggota keluarga lain untuk menghindari penyebaran infeksi. Cucilah tangan sebelum dan sesudah menangani bintitan dan laranglah anak menyentuh daerah yang terserang.

Jika ada infeksi kelopak mata atau mata itu sendiri, dokter akan meresepkan salep atau tetes mata antibiotik. Jika bintitan disertai blefaritis, dokter mungkin meresepkan salep untuk menyembuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s