11 Manfaat Lemon Untuk Tubuh


Siapa bilang bahwa lemon hanya bisa dimanfaatkan untuk minuman saja? Ternyata, lemon juga banyak sekali manfaatnya untuk tubuh.
Berikut ini ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir tabloid Genie.

Untuk rambut berkilau

Air perasan buah lemon bisa dimanfaatkan untuk membuat rambut lebih sehat, licin, dan berkilau. Caranya, campurkan air perasan lemon dengan air untuk mencuci rambut. Atau Anda bisa mencoba alternatif lain, yaitu mencampurkan tiga sdm jus lemon dengan ¾ gelas minyak zaitun dan setengah gelas madu. Oleskan pada rambut dengan bantuan sisir, lalu diamkan selama setengah jam sambil ditutup shower cap. Setelahnya, cuci rambut sperti biasa. Rambut akan berkilau alami.

Untuk tumit dan lutut

Tumit dan Lutut kering dan kasar dapat diatasi dengan menggosokkan potongan jeruk lemon. Biarkan meresap ke dalam kulit. Kaki tidak perlu dibilas lagi. Paling baik jika didiamkan semalaman.

Untuk mencerahkan wajah

Buah lemon bisa di pakai juga sebagai masker , terutama bagi kulit berminyak. Campurkan air lemon dengan madu dan gunakan sebagai masker. Setelah 10 menit, bersihkan dengan air hangat. Kulit wajah akan lebih cerah. Lakukan secara teratur agar kulit tampak lebih cerah.

Untuk mulut dan gigi

Beberapa tetes lemon bisa digunakan sebagi obat kumur alami untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut. Lemon juga dapat sekaligus memutihkan gigi. Caranya, berkumur-kumur dengan air perasan lemon setelah menggosok gigi.

Untuk menghilangkan noda hitam

Noda hitam atau bekas jerawat bisa kurang, bahkan hilang, bila rajin menggunakan cara ini. Sebelumnya, simpan buah lemon di kulkas agar dingin, lalu potong buah lemon dua bagian. Olesi wajah anda yang bernoda dengan lemon tersebut dengan arah memutar keluar. Bila kulit anda berminyak anda bisa mengoleskan lemon pada seluruh wajah agar wajah cerah dan minyak berkurang. Simpan sisa jeruk yang belum terpakai dalam lemari es. Ketika pertama dioleskan, kulit akan sedikti gatal. Itu wajar. Itu wajar. Lama-lama rasa gatal itu akan hilang. Akan tetapi bila kulit terasa perih dan gatal berkepanjangan, segera hentikan pemakaian lalu cuci muka hingga bersih. Itu tandanya kulit anda tidak cocok.

Membersihkan sela-sela kuku

Lemon bisa digunakan sebagai alternatif perawatan kuku. Rendam kuku dalam air perasan lemon yang telah ditambahkan sedikit cuka dan air hangat sekitar 10 menit. Lalu gosok perlahan kuku dengan sikat kecil.

Mengobati jerawat

Peraslah lemon ke dalam sebuah mangkok. Masukkan 1 gelas penuh susu dan 1 sendok teh gliserin ke dalamnya. Aduk rata dan diamkan selama setengah jam. Oleskan campuran ini pada wajah, tangan, dan kaki sebelum tidur malam. Cara ini akan membantu anda terlihat lebih muda dan cantik. Juga dapat membantu anda mengobati jerawat.

Untuk kulit berminyak

Peras lemon ke dalam mangkok yang berisi air es. Percikkan ke seluruh wajah, pijat selama 5 menit, dan bersihkan wajah dengan air.

Kulit lebih mengkilap dan kulit berminyak

Campurkan setengah sendok teh air lemon dengan satu sendok teh air ketimun dan beberapa tetes air mawar. Oleskan ke wajah dan leher. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air.


Untuk kulit kering dan kasar

Campurkan satu kuning telur dengan beberapa tetes air lemon dan minyak zaitun. Oleskan pada wajah dan diamkan sampai kulit terasa kering. Bersihkan dengan air dan percikan dengan air es.


Menghilangkan keletihan pada mata

Ambil masing-masing empat sendok makan air lemon dan air es. Taruh di sebuah kapas dan letakkan pada mata anda(yang tertutup) selama 10 menit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s