Es Krim Baik bagi Tubuh Lho !


Bukankah es krim biasa dibilang sebagai makanan penyebab gemuk? Dan bukankah es krim seringkali ‘dituduh’ sebagai penyebab batuk dan pilek? Belum tentu. Es krim ternyata memiliki sejumlah manfaat, terutama karena makanan yang dibekukan tersebut terbuat dengan bahan-bahan olahan susu. Berikut ini di antaranya.

1. Menguatkan tulang
Karena terbuat dari produk olahan susu, sudah pasti es krim mengandung kalsium. Kalsium berguna untuk menguatkan tulang dan gigi, dan asupan kalsium yang cukup bisa mencegah osteoporosis. Kalsium juga bisa membantu dalam proses penurunan berat badan, disebabkan saat tubuh kekurangan kalsium, sel-sel tubuh akan membesar dengan menyimpan lebih banyak lemak.

2. Protein
Es krim juga kaya akan protein, yang berguna untuk kesehatan tulang, otot, peredaran darah, kulit, dan tulang rawan. Protein juga bisa mempercantik diri Anda, karena nutrisi ini juga baik untuk rambut dan kuku.

3. Vitamin A
Vitamin A seringkali dilihat paling bermanfaat bagi mata, karena vitamin ini memproduksi pigmen pada retina. Selain itu, vitamin A juga bisa menguatkan sistem imun tubuh dan mencegah bakteri masuk dan menyebabkan infeksi. Vitamin A juga mengandung antioksidan.

4. Vitamin B12
Vitamin B12 sangatlah penting bagi Anda yang ingin melangsingkan tubuh, karena vitamin ini melancarkan metabolisme tubuh. Ia bisa mengubah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi yang bisa digunakan tubuh, dibandingkan disimpan sebagai lemak.

5. Vitamin K
Mineral ini terkenal akan efek antipenuaannya. Konsumsi vitamin K secara teratur juga dapat mencegah penyakit stroke dan penyakit jantung. Selain itu vitamin K juga berguna untuk melindungi hati, sistem saraf, paru-paru, jantung, tulang rawan, perut, dan ginjal. Bagi Anda yang memiliki kantung mata, vitamin K juga dapat mengurangi keberadaan ‘mata panda’.

6. Low glycemic index
Glycemic index (GI) tinggi menunjukkan bahwa kadar gula darah bisa dengan cepat meningkat setelah makan. Karena es krim merupakan makanan yang memiliki GI rendah, maka tubuh akan memprosesnya lebih lama, sehingga dapat menahan rasa lapar dan mengontrol nafsu makan.

Walaupun es krim memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, bukan berarti ini menjadi alasan bagi Anda untuk menghabiskan 3 scoop es krim sendirian. Pastikan Anda membaca label nutrisi dalam kemasan untuk mengetahui apa persisnya yang terkandung di dalamnya (es krim vanila mungkin menyehatkan tapi es krim choco fudge brownie? Nanti dulu), karena tetap saja, es krim biasanya menyimpan banyak kalori, gula, dan lemak jenuh. Bila Anda ingin menikmati es krim sambil tetap mendapat manfaat baiknya, batasilah porsi Anda dan makan hanya sekali-sekali saja. Dengan ini, bukan tidak mungkin Anda bisa tetap menjaga tubuh Anda sambil tetap menikmati lezatnya es krim!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s