Hubungan Kanker Payudara dengan Cacar Air


Tidak asing lagi kan dengan Kanker Payudara??Kanker payudara adalah jenis yang paling umum kedua kanker setelah kanker paru-paru (10,4% dari seluruh kejadian kanker, kedua jenis kelamin dihitung) dan penyebab kelima yang paling umum kematian kanker. Pada tahun 2004, kanker payudara yang diakibatkan 519.000 kematian di seluruh dunia (7% dari kematian akibat kanker; hampir 1% dari semua kematian).

Sekarang pasti tahu juga tentang Cacar air kan?? Cacar air adalah penyakit menular yang disebabkan infeksi virus. Gejala dari penyakit ini berawal dari demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, dan lemah. Gejala-gejala ini khas untuk infeksi virus. Beberapa hari kemudian timbullah kemerahan pada kulit yang berukuran kecil yang pertama kali ditemukan di sekitar dada dan perut atau punggung lalu diikuti timbul di anggota gerak dan wajah.

Nah, pada tau gak sih. Ternyata, penyakit ini diteliti oleh tim peneliti dari AS. Tim tersebut telah menemukan potensi pengobatan baru untuk kanker, terutama kanker payudara yang tak pernah diduga sebelumnya yaitu virus cacar air.

Sebelumnya memang banyak cara untuk mengobati kanker payudara ini, misalnya (1)Mastektomi atau operasi pengangkatan payudara. Baik pengangkatan total payudara dan benjolak di ketiak, pengankatan payudara saja maupun pengangkatan sebagian pada bagian yang terdapat kanker saja.(2) Radiasi yaitu proses penyinaran dengan sinar X dan sinar gamma pada bagian yang terkena kanker. Ini berfungsi untuk membunuh sel kanker yang masih tersisa setelah operasi.(3)Kemoterapi yaitu pemberian obat-obatan anti kanker. Baik obat dalam bentuk pil cair/kapsul maupun melalui infus untuk membunuh sel kanker. Dari cacar air inilah kemungkinan opsi baru untuk penyembuhan kanker Payudara.

Lewat percobaan, peneliti memastikan bahwa vaccinia virus yang disebut GLV-1h164 ini dapat memasuki sel-sel kanker dan menyebabkan kerusakan pada tumor sekaligus mencegah pertumbuhan pembuluh darah di dalam tumor yang ada pada tubuh tikus percobaan. Hal ini menghasilkan kerusakan yang signifikan pada tumor.

Sama halnya dengan vaksin cacar air, peneliti berencana mengemas virus ini dalam bentuk vaksin karena dengan begitu tingkat keamanannya akan sama dengan vaksin cacar air biasa.

Kendati begitu, penggunaan vaksin untuk terapi pada pasien TNBC ini masih memerlukan percobaan klinis pada manusia agar efektivitasnya dapat dievaluasi.

Sumber : http://health.detik.com/read/2012/10/03/102813/2053308/763/virus-cacar-air-bisa-sembuhkan-kanker-payudara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s