Cegah Serangan Stroke Dengan Buah Pisang


Sarapan pisang pagi ini? Ternyata buah yang manis, empuk dan beraroma wangi ini sarat nutrisi. Karena itu selalu jadi pilihan buat menu sarapan. Bukan itu saja, pisang ini juga mampu menangkal serangan stroke.
Pisang merupakan buah tropis yang populer. Puluhan jenisnya dan mudah diolah menjadi beragam sajian. Mereka yang rajin makan pisang akan memperoleh manfaat dari kandungan vitamin dan mineral yang bisa mencegah serangan stroke.

Buah ini mengandung banyak kalium, energi, vitamin, dan enzim, seperti sukrosa, glukosa, dan laktosa. Dalam setiap buah pisang matang memiliki 99 kalori, 1,2 gram protein, 0,2 gram lemak, 25,8 mg karbohidrat, 0,7 gram serat, 8 mg kalsium, 28 mg fosfor , 0,5 mg zat besi, 0,08 mg Vitamin B, 3 mg Vitamin C dan 72 gram air.

Sebuah studi menyebutkan mereka yang sering makan sedikitnya 3 buah pisang seharimemeiliki resiko lebih kecil terserang stroke. Satu buah pisang untuk sarapan, satu untuk makan siang dan satu lagi untuk makan malam. Makan dengan cukup kalium bisa mengurangi kemungkinan terjadinya pembekuan darah di otak sekitar 21%.

Penelitian terbaru ini diterbitkan oleh Journal of American College of Cardiology. Dianalisa data dari 11 studi berbeda yang telah dilakukan sejak pertengahan tahun 60-an yang berkaitan antara makan buah pisang dengan stroke.

Para peneliti menemukan asupan kalium harian orang Inggris hanya 1.600mg, kurang dari separuh jumlah harian yang direkomdasikan untuk orang dewasa yang seharusnya mencukupi 3.500 mg untuk bisa mengurangi resiko stroke secara efektif.

Pisang rata-rata mengandung sekitar 500 miligram kalium, yang membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh.Terlalu sedikit kalium dapat mengakibatkan lekas marah, mual, denyut jantung tidak teratur, dan diare.

Peneliti dari Universitas Warwick dan Universitas Naples pun menyebutkan bahwa asupan kalium di kebanyakan negara jauh di bawah jumlah harian yang disarankan. Tetapi jika mereka banyak makan makanan kaya kalium dan mengurangi konsumsi garam, angka kematian tahunan global akibat stroke bisa berkurang lebih dari 1 juta orang dalam setahun.

Tekanan darah tinggi adalah faktor resiko terbesar dalam munculnya seranganstroke. Kalium terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah yang mengakibatkan stroke.

Kandungan asam folat, magnesium, vitamin A, vitamin C, dan potasium.yang ada di dalam pisang berperan penting untuk mendorong produksi serotonin atau hormon kebahagiaan. Hormon inilah yang berfungsi meningkatkan mood dan memberi rasa sehat, tenang dan nyaman.

Studi yang telah dipublikasikan oleh Journal of the American College of Cardiology juga mengatakan meskipun beberapa studi sebelumnya menyebutkan pisang dapat mengendalikan tekanan darah dan mencegah stroke, serta penyakit jantung. Namun jika dikonsumsi tidak teratur hasil yang didapatpun tidak optimal.

Temuan dari para peneliti Inggris dan Italia yang dilaporkan oleh Dailymail ini, juga menyebutkan bahwa ribuan kasus stroke dapat dicegah dengan konsumsi makanan kaya kalium yang tidak hanya pada buah pisang, tapi juga bisa didapat pada bayam, kacang-kacangan, ikan bandeng, dan lentil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s