Obat Nyamuk Bakar = Asap dari 100 Batang Rokok.


Keberadaan nyamuk memang sangat mengganggu kenyamanan kita saat melakukan aktifitas Begitu banyak orang yang menggunakan obat nyamuk bakar untuk melindungi mereka dari gigitan nyamuk Entah itu ketika sedang bersantai, maupun sedang tidur. Siapa sangka jika obat nyamuk bakar yang katanya bisa membuat nyamuk menghilang justru membawa bencana buat kesehatan. Sebuah penelitian di Malaysia menunjukkan bahwa asap dari obat nyamuk adalah setara dengan 100 batang rokok. Akibatnya, masalah pernapasan pun kerap kali dialami oleh pengguna obat nyamuk bakar.
“Tidak banyak orang tahu tentang hal itu, tetapi kerusakan yang terjadi di paru-paru disebabkan oleh asap obat nyamuk bakar sama dengan 100 batang rokok,” kata, Sandeep Salvi, Direktur Penelitian Paru-paru.

Menurut studi lain di New Delhi, India, 55 persen penduduk kota yang tinggal dalam 500 meter dari sumber polusi udara seperti kendaraan jalan lalu lintas atau dekat dengan daerah industri, rentan terhadap polusi. Sehingga, dua juta anak di bawah usia lima tahun meninggal karena masalah pernapasan setiap tahunnya.(medicmagic/ADO)

Asap obat nyamuk bakar mengandung Propoxur dan transfluthrin .

Propoxur adalah senyawa karbamat (senyawa antaranya, MIC, pernah menewaskan ribuan orang dan menyebabkan kerusakan syaraf ratusan ribu orang lainnya dalam kasus Bhopal di India) yang telah dilarang penggunaannya di luar negri karena diduga kuat sebagai zat karsinogenik sedangkan transfluthrin relatif aman hingga saat ini.

Bayi dan anak balita bisa dikatakan rentan terhadap obat nyamuk. Hal ini bisa terjadi karena organ-organ tubuhnya belum sempurna, daya tahan tubuhnya belum baik, refleks batuknya pun belum baik, dan sebagainya. Bahkan, bisa lebih berbahaya lagi pada anak yang alergi dan punya bakat asma.

Sangat rentan menjadi penyebab kebakaran, kadang kita meletakkan obat nyamuk bakar di dekat benda-benda yang mudah terbakar sehingga menyebabkan terjadinya kebakaran.Dari apa yang anda baca di atas saya yakin anda sudah bisa mengambil kesimpulan bawha menggunakan obat nyamuk bakar itu sangat berbahaya untuk kesehatan kita, dan juga memiliki resiko menjadi penyebab kebakaran, oleh sebab itu alangkah baiknya jika kita mennggalkan cara ini untuk mengusir nyamuk.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s